Pohon Timpa Bangunan Di Lawang Kuari

*Batu dipenuhi dengan coretan nama

POSTKOTAPONTIANAK.COM-SEKADAU !! Goa Lawang Kuari merupakan tempat yang dijadikan sebagai ciri khas atau ikon Kabupaten Sekadau. Goa yang juga menunjukan tiga etnis, yakni Cina, Dayak, dan Melayu itu kondisi kini memprihatinkan terlebih pohon besar yang menimpa bangunan di sekitar goa tersebut terlihat masih belum disingkirkan.

“Lawang Kuari memang diurus secara kelembagaan, Kawasan Lawang Kuari seluas 2 hektar itu telah diberikan sepenuhnya kepada pemerintah untuk mempercantik sesuai konsep yang telah dibuat,”kata salah satu warga Desa seberang Kapuas, Bujang (23)

Dia berharap kepada pemerintah Kabupaten Sekadau dapat membuat kawasan tersebut menjadi indah yang berpadu dengan adat dan budaya. Apalagi, kata dia, Lawang Kuari merupakan ikon Kabupaten Sekadau.

“Kami akan lihat keserius pemerintah untuk memperindah Lawang Kuari. Kami juga akan terus mendorong agar tersebut menjadi indah dan jauh dari kesan tidak terurus,” kata Mantan Kepala Desa Seberang Kapuas tersebut.

Berdasarkan pemantauan, belum lama ini kondisi cukup memprihatinkan. Kesan tak terurus sangat terlihat terlebih sebuah pohon besar menimpa bangunan yang ada di Lawang Kuari. Selain itu, batu-batu yang ada dipenuhi coretan yang bertuliskan nama sebagai tanda mereka pernah mengunjungi tempat tersebut.

Namun sayangnya, oknum pengunjung yang menuliskan nama pada batu-batu yang ada di Lawang Kuari tersebut justru semakin merusak keindahan alam di tempat tersebut.

Sementara itu, Isbianto, Kabid Kebudayaan dan Pariwisata Dinas Perhubungan, Telekomunikasi dan Informasi, Budaya dan Pariwisata (Dishubtelinfobudpar) Kabupaten Sekadau mengatakan, mengenai informasi adanya pohon tumbang tersebut sudah dikoordinasikan dengan juru kunci.

“Pihaknya telah memberitahu kepada bagian  yang mengurus tempat tersebut, herannya belum juga dibuang kayu yang tumbang. Minggu lalu sudah kami beritahu apalagi tempat-tempat seperti itu sudah ada petugasnya. Tapi hingga sekarang belum dikerjakan,” ucapnya. /mus/PKP

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *