PLTD PELITA NEGERI & MESIN PEMBUNUH KAMI

Kepada yang Terhormat para Pemimpin Negeri

Saya adalah warga yang tinggal tidak jauh dari PLTD merasakan secara langsung dampak yang disebabkan dari Limbah yang menyemari air sungai, Asap serta Kebisingan suara mesin PLTD yang begitu dekat dengan rumah penduduk.

Melalui tulisan ini atas nama warga Desa Jungkat Kecamatan Siantan Kabupaten Mempawah Provinsi Kalimantan Barat. Sudah bertahun-tahun kami menghadapi situasi yang sangat tidak mengenakkan, mengganggu dan merusak Lingkungan tempat kami Tinggal.

Sudah setahun ini Mesin PLTD yang beroperasi di Parit Baru Desa Jungkat meresahkan warga sekitar. Warga sudah merasakan keresahan yang sangat mendalalam.

Kebebasan dan ketenangan kami untuk mendapatkan kehidupan yang layak seolah-olah di rampas oleh pihak yang berkuasa dalam hal ini PLN.

Perlu diketahui, Dentuman mesin-mesin yang beroperasi memecahkan kesunyian, menggetarkan rumah-rumah kami.

Sementara Limbah Asap yang mengepul dari cerobong-cerobong asap setiap hari semakin menebal.

Atap-atap rumah warga sudah menguning. Air-air ditempayan kami juga sudah menguning akibat dampak limbah asap. Arang-arang bertaburan mengalir di sungai.

Dan puncaknya hari ini Jum’at 15-7-2016, saat hujan lebat limbah pembuangan PLTD akhirnya meluber dari tangki dan mencemari sungai kami. Sungai tempat kami untuk menggantungkan hidup. Untuk mandi, mencuci, mencari nafkah dan lain-lain.

Dimanakah pemimpin-pemimpin di Negeri ini menyaksikan kejadian ini ? dimanakah kalian ? apakah kalian hanya bisa diam menyaksikan penderitaan kami.

Apakah tunggu sampai ada korban barulah kalian mengambil tindakan ?

Kami sudah muak dengan semua ini. Kami sudah muak dengan konspirasi yang ada di proyek ini.

Kami hanya ingin menikmati kehidupan yang layak. Kehidupan yang tenang, jauh dari kebisingan dan limbah-limbah yang pelan-pelanĀ  membunuh kami dan keluarga kami. Dengarkanlah keluh kesah kami.

OLeh : Mintra Faizal Liskandiar (24), Warga Gang Keluarga RT.02/03, Jungkat Kecamatan Siantan Kab. Mempawah.

Ratusan Warga datangi PLTD, Juma'at 15-7-2017./Foto : Abe
Ratusan Warga datangi PLTD, Juma’at 15-7-2017./Foto : Abe

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *