Pisah Sambut Ketua Pengadilan Agama Mempawah

Pisah sambut Ketua PA Mempawah./(ist)
Pisah sambut Ketua PA Mempawah./(ist)

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! MEMPAWAH – Rabu, ( 15/ 2017) bertempat di Wisma Chandramidi kel terusan Kecamatan Mempawah Hilir Kabupaten Mempawh dilaksanakan kegiatan pisah sambut Ketua Pengadilan Agama Mempawah dari Drs. Wanjonfrizal ( Pejabat yang lama ) kepada Mahmud,SH, M.Hum ( Pejabatn yang baru ).

Tampak hadir pada acara tersebut, Bupati Mempawah Drs. H. Ria Norsan, MM,MH, Wakil Pengadilan Tinggi Pontianak Drs. H. Anshorudin,SH.MH, Buapti Kubu Raya yang diwakili oleh Sekda Kuubu Raya, Kepala Kementrian agama Kabupaten Mempawah, Ketua Pengadilan Negeri Mempawah, Kapolres Mempawah diwakili Kabag Sumda Kompol Sutikna, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Mempawah I Komang Dediek PrayogaA,SH,M.Hum, Wakil Pengadilan Agama Bengkayang Andrian, M.Syahhany dari Pengadilan Agama Pontianak, Kajari Mempawah, Perwakilan dari Kodim 1201 Mempawah, H. Hilman dari Pengadilan Agama Sambas, Ketua panitia acara Fajar Hermawan, SH.I, para staf dan pegawai dilingkungan Pengadilan Agama Mempawah beserta para undangan.

Kegiatan pisah sambut ini adalah untuk mempererat tali silahturahmi antara Ketua Pengadilan Agama dan Pegawai Pengadilan. Agama.

Ucapan terima kasi kami sampaikan kepada Pejabat yang lama Pengadilan Agama Mempawah atas dedikasinya selama ini dan atas bimbingan dan memberikan rasa keadilan kepada warga kabupaten Mempawah, Kabupaten Bengkayang dan Kabupaten Sambas.

” Kami juga mengucapkan selamat atas promosi jabatan yang diberikan kepada beliau”.

Walau kita memiliki kesan yang berbeda, namun pasti ada kesan yang sama didalam keluarga besar PA Mempawah terhadap beliau yaitu low profile dan tidak gila hormat dan selalu bersikap sederhana, ungkap Ketua Panitia dalam sambutannya.

Sementara itu dalam sambutan pejabat lama Pengadilan Agama mempawah menyampaikan, sudah 3 tahun menginjakkan kaki di Kabupaten Mempawah, saya sangat terasa dan bersahaja.

Alhamdulilah Pengadilan Agama Mempawah sangat dihargai dan masuk dalam Muspida Plus. Selama bertugas di Mempawah, saya merasa apa yang diperbuat selama ini belum maksimal dan saya harapkan pejabat baru dapat melanjutkan kembali, harap dia.

Dan selama 3 tahun, bahwa ada program antar Pemda Kubu Raya dengan PA Sambas dan untuk Bengkayang dan serikat PEKKA terhadap menyelesaikan persoalan warga yang sudah menikah, namun belum memiliki buku nikah, untuk wilayah Kabupaten Mempawah khususnya di Kecamatan Segedong terdapat ribuan warga yang
blum memiliki buku nikah, ucapnya.

Lanjutnya, untuk jumlah anggota dari Serikat Proram Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga ( Pekka ), yang ada saat ini
sebanyak 3000 orang lebih dan untuk di Kabupaten Mempawah ada lebih dari seratus orang serikat PEKKA yang berada di desa Parit Banjar dan Kecamatan Sui Pinyuh.

Dikatannya, selama menjabat ada persoalan dimana ada yang meminta pembagiaan harta oleh ahli waris. Namun kedua orang tuanya tidak memilik buku nikah / nikah siri, dan akta kelahiran ananknya atas nama ibunya. Sehingga dilakukan sidang Nikah Isbad, jelas Drs. Wanjonfrizal.

Pada kesempatan tersebut sambutan Pejabat baru Ketua Pengadilan Agama Mempawah menyampaikan, akan komitmen sesuai dengan UU dan kami dapat memberikan rekomendasi, nasihat terkait hukum islam ( syariah ) apabila ada yang meminta. Selain itu katanya, bahwa hakim kami ada yang telah mendapat sertifikasi terkait Masalah hukum ekonomi syariah dan kami mohon dukungan terhadap pelaksanan tugas, jelas Mahmud,SH, M.Hum.

Sedangkan sambutan dari Wakil Pengadilan Tinggi Pontianak Drs. H. Anshorudin, SH.MH. Semoga pejabat lama diberikan barokah dan pejabat yang baru mendapatkan semangat dalam pelaksanaan tugas.

Jangan sampai lupa tingkatkan Pelayanan secara internal dan eksternal, kepada masyarakat yang mencari kedilan, pesannya.

Kepada jajaran Pengadilan Agama tingkatkan administrasi perkara maupun admin umum dan masalah kebersihan kantor. Selain itu dalam penggunaan anggaran agar betul – betul disesuaikan dengan kebutuhan serta hubungan dengan instansi terkait, katanya.

Perhatikan peraturan MA tentang penanganan sengketa ekonomi hukum syariah. Melihat kondisi bangsa indonesia saat ini agar setiap habis sholat tahajud agar berdoa untuk bangsa ini, imbuh H. Anshorudin.

Terima kasih atas dedikasi pejabat lama PA saat ini dan atas masukkan – masukkan selama di Kabupaten Mempawah, ucap Bupati Mempawah Drs. H. Ria Norsan.

Pengadilan Negeri Mempawah, Pengadilan Agama Mempawah dan Polres Mempawah merupakan tempat orang mencari keadilan dan jangan sampai hukum tersebut seperti Piramid terbalik tumpul keatas dan tajam kebawah. Berikanlah pelayanan yg terbaik kepada masyarakat, katanya.

Kegiatan terlihat begitu meriah dengan isi berbagai acara hiburan, seperti tarian adat budaya melayu yang dibawakan para pegawai negeri mempawah. Penyerahan cendramata dan ramah tamah./(red-PKP)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *