Petugas Beacukai Jawa Timur II, Sita Ribuan Rokok Ilegal

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! JEMBER-Petugas Kanwil Bea dan Cukai Jawa Timur II bekerjasama dengan petugas Bea Cukai Panarukan menyita

Kanwil Bea dan Cukai Jawa Timur II/MI/SJP
Kanwil Bea dan Cukai Jawa Timur II/MI/SJP

ribuan batang rokok ilegal dengan berbagai merk diwilayah beberapa kecamatan di Kabupaten Jember 19/03/2015.

Ribuan rokok ilegal tanpa pita cukai itu ialah hasil penindakan terhadap 4 orang kasus penyelundupan rokok ilegal yang didistribusikan di sejumlah kecamatan di Kabuapaten jember diantaranya Silo, Mayang, Kalisat dan Ledokombo.

Rokok berbagai merek 125.000 ribu batang, negara dirugikan sekitar 150 juta rupiah tanpa pita cukai palsu yang jenis peruntukannya menurut pengakuan terperiksa akan distribusikan ke wilayah kecamatan di Kabupaten Jember.

“ Modusnya dengan cara memproduksi rokok tanpa izin, merek tidak terdaftar dan tanpa cukai atau menempelkan cukai bukan peruntukannya, atau menempel cukai palsu,” kata Juni Kepala Intelejent Kanwil  Bea dan Cukai Jatim II Jawa Timur tersebut.

Juni didampingi beberapa petugas lain kepada beberapa wartawan TV , Cetak  dan online juga menjelaskan bahwa pengungkapan pelanggaran peredaran rokok ilegal itu dilakukan dengan berbagai cara, termasuk membuntuti  mobil pengiriman barang ke sejumlah wilayah di Kabupaten Jember.

Menurut Juni Puji Kurniawan ” Jember ini memang dijadikan lahan subur bagi pemasaran rokok ilegal karena tingkat minat konsumsi perokoknya sangat banyak” ungkapnya.

“ Kami akan terus kembangkan kasus ini sampai ketemu dimana pusat produksinya dan siapa oknumyang mendalangi rokok ilegal,” kata Juni.

Berbagai jenis rokok ilegal yang disita itu akan dikirim ke berbagai wilayah di luar Jawa. Guna mengelabui petugas, cara yang digunakan di antaranya, dengan menggunakan mobil box dan sepeda motor.

Pemilik barang ilegal itu dijerat Pasal 50 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2007 dengan pidana penjara paling lama lima tahun dan denda paling sedikit dua kali nilai cukai serta paling tinggi sepuluh kali nilai cukai. (Maz imam)/SJP

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *