Peserta Transmigrasi belum dapat manfaatkan lahan

“ Selama 2015 belum dapat sembako, bahkan sehari-hari makan jagung”

KUBU RAYA-Minggu ( 01/03/2015), dengan mengikuti program transmigrasi yang diadakan pemerintah, setidaknya dapat memperbaiki kehidupan di lokasi yang telah disediakan tersebut.

Program transmigrasi yang dikuti sekitar 242 kepala keluarga asal Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, dengan tujuan dapat merubah nasib dan ingin mempunyai lahan garapan untuk pertanian ditempat yang baru, ternyata tidak sesuai harapan.

Lahan yang belum bisa dimanfaatkan.(dani)
Lahan yang belum bisa dimanfaatkan.(dani)

Seperti 242 Kepala Keluarga dibagi tiga kali pemberangkatan, tahun 2010 diberangkatkan peserta transmigrasi dari tiga Provinsi sejumlah 100 KK, lalu pada tahun 2010 kembali 100 KK dari masing masing Provinsi yang sama, yang setiap Kepala Keluarga akan mendapat lahan pertanian seluas 2 hektar.

Setelah itu, pemberangkatan yang ke tiga 15 Desember 2014, sebanyak 42 Kepala Keluarga. Namun gelombang yang ke tiga ini mengalami nasib yang berbeda, ketika sampai di lokasi transmigrasi UTP26, TR 23, 24 dan 25 Desa Sungai Bulan Kecamatan Sungai Raya, lahan yang seharusnya sudah lapang dan tinggal menggarap pertanian, tapi kenyataan dilokasi masih berdiri pohon pohon yang besar, dan pemukiman tidak layak huni.

Herannya, setelah satu bulan kedepannya baru dapat bantuan alat alat pertanian dari Dinas Transmigrasi Kabupaten Kubu Raya.

Yahyono (45) mengatakan, kalau tahu lokasi seperti ini saya tidak mau ikut transmigrasi, mau mandi harus berjalan kaki 300 meter.

Peserta transmigrasi 42 KK tersebut, dari pertama datang ke lokasi sampai sekarang belum bisa memanfaatkan lahan, dan kehidupan sehari hari hanya memakan jagung, karena selama 2015 ini belum mendapatkan beras sembako.

Menurut Yahyono, 42 KK peserta transmigrasi itu meminta Dinas Transmigrasi Kabupaten Kubu Raya untuk meninjau ke lapangan, biar mengetahui kesusahan kami disini.( Danni SKR)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *