Perwira ILO TNI Sampaikan Materi Kesadaran Berbangsa dan Bernegara Dalam MOPDB Di SIKK

Perwira ILO TNI di Kota Kinabalu, Mayor Kav Jemmy ST Sitorus sedang melatih latihan PBB dalam MOPDB di SIKK./ dok. Pendam XII/Tpr
Perwira ILO TNI di Kota Kinabalu, Mayor Kav Jemmy ST Sitorus sedang melatih latihan PBB dalam MOPDB di SIKK./ dok. Pendam XII/Tpr

KINABALU – POSTKOTAPONTIANAK,COM ! Sejumlah 207 siswa baru Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK), Sabah Malaysia, menerima pembekalan materi Kesadaran Berbangsa dan Bernegara, dari Perwira Indonesian Liaison Officer (ILO) TNI di Kota Kinabalu, Mayor Kav Jemmy ST Sitorus, yang merupakan Pamen Kodam XII/Tanjungpura. Pembekalan materi ini dilakukan dalam rangka mendukung kegiatan MOPDB (Masa Orientasi Peserta Didik Baru) yang telah diprogramkan oleh pihak sekolah.

Sebelum melakukan pembekalan materi Kesadaran Berbangsa dan Bernegara, Perwira ILO TNI terlebih dahulu memberikan pelatihan dasar PBB (Peraturan Baris Berbaris) kepada para peserta. “Dengan latihan baris berbaris, para peserta secara tidak langsung akan dilatih juga kedisiplinannya dengan mengikuti setiap aba-aba yang diberikan, serta melatih kerjasama antar peserta,” demikian menurut Jemmy.

Perwira ILO TNI di Kota Kinabalu, Mayor Kav Jemmy ST Sitorus sedang menyampaikan materi kesadaran Bela Negara dalam MOPDB di SIKK.
Perwira ILO TNI di Kota Kinabalu, Mayor Kav Jemmy ST Sitorus sedang menyampaikan materi kesadaran Bela Negara dalam MOPDB di SIKK.

Pada saat memberikan pembekalan, pemateri mengangkat tema Nilai-nilai Kebangsaan yang Bersumber dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Perwira LO ini menjelaskan terlebih tentang proses perjuangan Bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari penjajah hingga cita-cita nasional yang ingin diwujudkan oleh Bangsa Indonesia.

Selain itu, Jemmy menyampaikan tentang Bela Negara yang merupakan hak dan kewajiban setiap warga negara dalam rangka menjaga kedaulatan nagara dari segala macam AGHT (Ancaman, Gangguan, Hambatan dan Tantangan) yang akan dihadapi kedepannya.

Masih menurut penuturan Jemmy, “bahwa Bela Negara itu merupakan tekad, sikap dan perilaku kita selaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaan kepada NKRI yang berdasarkan pada Pancasila dan UUD 1945 serta rela berkorban dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan Negara”.

Kegiatan ini menggunakan pola interaktif dua arah antara pemberi materi dengan audiens dan diselingi dengan Tanya Jawab untuk menyakinkan para peserta agar memahami betul terhadap materi yang diberikan.

Kegiatan MOPDB ini berlangsung selama 3 (tiga) hari sejak tanggal 19 Juli 2016, dengan tujuan untuk mempersiapkan para siswa baru agar dapat memahami proses belajar mengajar yang akan mereka lakukan di SIKK untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara dengan berakhlak baik, hal ini disampaikan oleh Kepala SIKK melalui Sekretaris MOPDB SIKK, I Ketut Suyatra, S.S., B.Th., M.Pd yang juga merupakan salah seorang tenaga pendidik di SIKK.

Ketut mengharapkan, kegiatan ini tetap terus berjalan bukan hanya pada saat MOPDB saja, melainkan di sela-sela jadwal pendidikan yang sudah ada agar nantinya mendapatkan output, Generasi Muda yang memiliki jiwa kebangsaan yang tinggi serta memiliki mental kejuangan yang tinggi pula.

Sementara menurut Khushasnawa  salah satu peserta mengatakan, “Saya sangat senang dapat mengikuti masa pengenalan lingkungan di SIKK ini, terlebih kali ini kami mendapatkan pelatihan cara berbaris oleh TNI serta tadi juga kami menerima materi tentang Bela Negara, yang selama ini kami yang terlahir di Sabah Malaysia ini berpikir belum tahu apa peran kami terhadap bangsa kami sendiri suatu saat nanti”, ujar Khushasnawa  siswi kelas X./DD/LK

Peserta MOPDB SIKK sedang menerima materi dari Perwira ILO TNI  Mayor Kav Jemmy ST Sitorus.
Peserta MOPDB SIKK sedang menerima materi dari Perwira ILO TNI Mayor Kav Jemmy ST Sitorus.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *