Peringati Hari Kartini, Persit KCK Cabang Bs LI Kumpulkan 60 Kantong Darah

Aksi Donor Darah Dalam Rangka Peringatan Hari Kartini. / foto : Devi Lahendra
Aksi Donor Darah Dalam Rangka Peringatan Hari Kartini. / foto : Devi Lahendra

Reporter : Devi Lahendra
PONTIANAK  ! POSTKOTAPONTIANAK.COM — sebanyak 60 kantong darah berhasil dikumpulkan pada acara launching SIM  donor darah dan talk show donor darah itu sehat, yang digelar di aula rumah dinas Walikota Pontianak Jalan Sultan Abdurrahman, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Sejatinya kegiatan tersebut merupakan rangkaian peringatan hari Kartini, yang diikuti oleh personel Kodim 1207/Bs, Persit KCK Cabang Bs LI Kodim/Bs, Dharma Wanita,   organisasi wanita, ormas, Polwan ,Bhayangkari serta mahasiswa dari berbagai universitas yang ada di Kota Pontianak.

“Kami sangat mendukung kegiatan ini, karena menunjukkan bentuk kepedulian kepada masyarakat. Dan ini merupakan kegiatan yang bermanfaat bagi orang banyak, ” kata Kadis Kesehatan Kota Pontianak, Dr. Sidiq Handanu, M.Kes, disela-sela kegiatan donor darah, Sabtu (23/4/16).

Ditempat yang sama, Ketua Persit KCK Cabang Bs Kodim 1207/Bs, Popy Jacky Ariestanto mengatakan bahwasanya tujuan dari kegiatan donor darah adalah untuk membantu PMI dalam pemenuhan ketersediaan darah di PMI di Kota Pontianak.

“Mungkin banyak orang beranggapan bahwa donor darah hanya sekedar menolong sesama. Namun ada manfaat yang didapatkan dari donor darah bila dilakukan secara rutin. Satu diantara manfaat itu kita akan mendapatkan kesehatan serta melancarkan peredaran darah, ” papar Popy, pada sejumlah wartawan.

Dari 105 pendonor yang mendaftar, lanjut Popy mengatakan hanya ada 60 orang yang bisa diambil darahnya dan layak untuk menjadi pendonor.

“Dari jumlah pendonor yang terdaftar lebih banyak karena tekanan darah tinggi, sehingga tidak bisa untuk mendonorkan darah. Selain kegiatan donor darah kita juga menghadirkan Dr. Herculana Farida, S. Gz. MPH, dalam acara talk show tentang pentingnya cara hidup sehat serta tentang mengatur pola makan, ” tukasnya./*

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *