Performance Penca Silat Dusun Pesayangan Meriahkan HUT RI ke 72

( Performance kelompok penca silat persaudaraan seria hati terate Dusun Pesayangan dalam rangka HUT RI ke 72 tahun di Dusun Pesayangan Desa Raja Kecamatan Ngabang Kabupaten Landak, Kalbar./dan ).

 

POSTKOTAPONTIANAK. COM

(NGABANG) –  Sejumlah permaianan rakyat ditampilkan dalam rangka peringatan hari proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia ke 72 tahun, di Kabupaten Landak. Permainan rakyat itu, yaitu lompat karung, lomba makan kerupuk, tarik tambang, bola dangdut, panjat pinang, mancing ikan, dan lainnya. Di Dusun Pesayangan Desa Raja Kecamatan Ngabang, disamping permainan rakyat juga tampil performance penca silat persaudaraan seria hati terate.

Menurut pelatih penca silat di Dusun Pesayangan tersebut, Hidayatul Rahman, bahwa tampil nya performance penca silat adalah dalam rangka peringatan HUT RI ke 72, yaitu ikut menyemarakkan hari yang bersejarah bagi bangsa Indonesia, kemerdekaan bangsa Indonesia yang di proklamirkan 17 Agustus 1945 atas nama bangsa Indonesia Soekarno Hatta.

” Sebagai anak bangsa kita bersyukur atas kemerdekaan itu, dan wujud dari rasa syukur itu kita wujudkan dengan menampilkan performance penca silat. Karena penca silat ini merupakan khasanah bangsa yang wajib kita lestarikan, dan kita perkenalkan kepada generasi penerus, ini budaya bangsa yang wajib kita lindungi dan lestarikan, ” ucapnya.

Sementara itu Kepala Dusun Pesayangan Desa Raja Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak, Kalbar, Irwansyah, 19/8/2017, sangat mengapresiasi performance penca silat yang ikut memeriahkan HUT RI ke 72 tahun. ” Kita bangga dengan anak anak muda yang sangat peduli dengan budayanya sendiri. Penca silat adalah budaya bangsa Indonesia yang harus kita lestarikan. Anak muda sebagai generasi bangsa sudah memahami hal itu, kita sangat bangga, ” kata Irwansyah.

Dan sangat mengharapkan agar performance penca silat ini juga bisa tampil di dalam berbagai acara budaya maupun kegiatan kegiatan lainnya.

Seperti acara budaya Tumpang Negeri misalnya, atau acara lainnya, diharapkan dapat tampil baik sebagai pengembira maupun sebagai peserta perlombaan. ” Lestarikanlah budaya penca silat ini karena dia merupakan budaya bangsa Indonesia yang wajib kita lindungi dan lestarikan, ” harap Kadus Pesayangan, Irwansyah. (dan)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *