Peran Pramuka Dalam Bencana Asap

Aksi Pramuka di Berbagai Daerah Mengatasi Bencana Asap

KALTENG ! POSTKOTAPONTIANAK.COM-Sebagai bentuk keterlibatan dan kepedulian Pramuka terhadap  bencana asap, setiap tahun Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Tengah aktif membantu. Tahun ini telah membagikan 12 ribu masker kepada masyarakat , selain masker, mereka juga turun langsung membantu posko pengendalian kebakaran hutan dan lahan, membantu posko pelayanan kesehatan dengan mengirim bantuan satu unit ambulan milik kwarda Kalteng dan turut melakukan sosialisasi pengobatan gratis.

“Selama satu bulan yang lalu, kita telah mengirimkan 30 orang anggota Pramuka, yang dibagi dalam 3 tim. Tim ini berperan siginifikan membantu pemadaman secara langsung di lokasi kebakaran. Ini darurat, karena tahun ini, asap yang ada lebih tebal dari tahun sebelumnya”. Ujar Kak Ir. Saptawarto, MP Waka Kwarda Gerakan Pramuka Kalimantan Tengah Bid. Keuangan dan Aset saat diwawancarai via telephone, Jumat, 23 Oktober 2015.

Keterbatasan sarana-prasarana, seperti biaya, peralatan, pakaian, tidak menyurutkan kepedulian Pramuka Kalimantan Tengah. “Yang penting dengan peralatan seadanya, dengan realitas lahan gambut nya sulit untuk dipadamkan. kita tetap berupaya membantu  mengatasi bencana asap ini, demi kepentingan masyarakat” Imbuh Kak Sapta

Pasalnya, udara yang dihirup masyarakat sekitar sudah  tidak sehat, jarak panjang hanya 20 Meter, asap mulai berubah kekuningan, ditambah hujan yang tak kunjung tiba. Sehingga masyarakat dihimbau untuk tidak beraktivitas diluar rumah, jika tidak terlalu penting sekali, disarankan lebih baik tetap dirumah. Seandainya ingin aktivitas diluar rumah, usahakan memakai masker standar, seperti N95.

Di sisi lain, sebanyak 25 anggota Pramuka, teridiri dari unsur Dewan Kerja Nasional, Dewan Kerja Daerah bersama Pramuka penegak/pandega  bekerjasama dengan “Mesengger of peace” juga turut membantu dalam bencana asap. Terjun langsung ke lokasi kebakaran hutan untuk memadamkan api, dan 600 masker berhasil dibagikan. “Kami sebagai Pemuda yang telah digembleng di Pramuka, merasa terpanggil. Jiwa Pramuka itu rela menolong dan cinta kelestarian alam. Meskipun bantuan masker agak terhambat karena jadwal penerbangan pesawat, kami tetap membantu apapun yang bisa kami perbuat.  Untuk sesama manusia” Papar Kak Muhammad Immawan Syahwali anggota Dewan Kerja Nasional.

Tidak hanya di Kalteng, dalam pantauan, Pramuka Jambi, Sumatera Selatan, Riau, dan Kalimantan Selatan beserta Pramuka dari sabang sampai merauke juga turut andil bahu-membahu berperan aktif dalam bencana asap yang tak kunjung lenyap ini.

Sementara itu Rangga  Wisnu (Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka ) menjelaskan bahwa Kwarnas Pramuka pun menyiapkan Alat Pengaman Diri (APD) agar Pramuka Peduli yg berjibaku di tengah bencana terjaga keamanannya. APD berupa helm, masker, boot, gloves/sarung tangan, googles/pelindung mata, senter dikerahkan terutama ke daerah yg masih ada titik apinya seperti Sumsel dan Kalteng. Diakui terkendala proses pengiriman karena bandara2 ditutup. Selain itu, bantuan juga berdatangan dari Pramuka/Scout di luar negeri seperti World Scout Foundation yg menyiapkan 2 miliar, reward dari Al Waleed Philantrophy, untuk mempersiapkan Brigade Pramuka Peduli di Indonesia menghadapi berbagai bencana akibat alam seperti gunung meletus, kebakaran hutan dan kekeringan (akibat perubahan iklim), banjir atau pantai yang memerlukan keahlian “water rescue”, di daerah pegunungan yg memerlukan keahlian “vertical rescue”, maupun di daerah urban./*-PKP

 

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *