Penyitaan dan Penggeledahan Beras Sah Ini Kata Pengacaranya

POSTKOTAPONTIANAK.COM

( Bengkayang ) – Penyitaan dan Penggeledahan barang bukti 350 Karung Beras Tak Bermerek oleh Polres Landak dinyatakan sah setelah Hakim,Firdaus Sidiq SH membacakan putusan perkara menolak Praperadilan seluruhnya di depan Kuasa Hukum Pemohon dan Termohon Selasa 10-April-2018,di Pengadilan Negeri Ngabang.

Kuasa hukum Koperasi Sejahtera Kalbar Pariaman Siagian,SH, MH. Mengatakan menghargai keputusan Hakim .”Itu merupakan hak dan keyakinan hakim memutus perkara dan tentu saja kita menerima”ungkap Pariaman Usai putusan.

Pariaman menyebutkan masih ada upaya pembelaan hukum Praperadilan terkait sah tidaknya penetapan tersangka dan penahanan kepada ketua Badan Koperasi Pemasaran Sejahtera Kalbar Saroha Raja Gukguk tertanggal 29 Maret 2018 dan kedua sopir yakni Jhon Karebet alis Ebet dan Asen belakangan di tahan.

Ia mengatakan, proses penetapan tersangka oleh penyidik ,dengan dasar barang bukti yang di berlakukan masih perlu di uji lagi. Karena ia yakin tersangka tidak menyalahi aturan karena baru sebatas memindahkan.

Beras dibawa memakai jasa angkut Truck dan Box dari gudang Koperasi Bengkayang menuju gudang Koperasi di Pontianak ,”Jadi tidak ada unsur pidana disitu, Apalagi belum sampai ke peredaran konsumen akhir di pasar,”ungkapnya.

Barang bukti beras memakai karung polos tak mencantumkan label, sesuai alasan tak ber SNI yang di berlakukan penyidik tak diwajibkan menurut hukum karena jenis beras merupakan hasil pertanian.

Barang bukti permulaan yang di sebutkan dalam Duplik sudah melalui unsur,keterangan saksi, pertimbangan saksi ahli,Nota surat jalan,juga bisa di uji di praperadilan apabila ada kejanggalan jelasnya.

Jika gugatan praperadilan tersangka dan penahanan dilakukan kemudian diterima oleh putusan hakim dapat menggugurkan segala tuntutan hukum namun jika ditolak maka lanjut ke pembuktian formil pokok perkara,”jelasnya.

“kita masih mempersiapkan langkah-langkah pembelaan hukum kalau harus menguras pikiran tak masalah,”tutup Pariaman./*

Penulis : Antoni.

Publish : udin subari /postkotapontianak.com

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *