Penyerapan Anggaran Penting Dilaksanakan Sesegera Mungkin

Postkotapontianak.com ! Pontianak – Permasalahan penyerapan anggaran yang tidak proporsional dan optimal selalu muncul pada kabupaten Sekadau. Demikian seperti dikatakan Bupati Kabupaten Sekadau, Rupinus dalam sambutannya pada acara rapat koordinasi percepatan pelaksanaan penyerapan anggaran tahun 2017 yang dihelat di Hotel Avara Jalan Gajahmada Pontianak, 11 Januari 2017.

Menurutnya, data pada dua tahun terakhir menyajikan perbandingan yang cukup mencolok antara kinerja penyerapan anggaran pada semester I dan II tahun berjalan pada 2015 serapan semester I sebesar 19,50 persen dan pada tahun 2016 sebesar 22,81 persen. Sedangkan pada semester II tahun 2015 sebesar 91,29 persen dan tahun 2016 sebesar 92,89 persen.

Menurut Sekda Kabupaten Sekadau, Drs Yohanes Jhon MM, lambatnya penyerapan anggaran disebabkan oleh belum optimalnya komitment SKPD dalam pencapaian target realisasi anggaran sebagaimana yang telah disepakati bupati dengan para kepala SKPD beberapa waktu yang lalu.

Adanya keterlambatan dalam pelaksanaan rencana umum penganggaran dan belum optimal nya kinerja layanan pengadaan barang dan jasa. Pelaksanaan kegiatan dan pelaksana keuangan yang belum memahami secara baik administrasi keuangan.

Sisa anggaran yang belum terserap tahun sebelumnya menurut Jhon ayah dari Melky, Oscar dan Merry ini, dimasukan ke kas daerah diperhitungkan kembali untuk Anggaran tahun berikutnya sesuai dengan mekanisme penyusunan anggaran. (Tri)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *