Penutupan Jambore Nasional X 2016

Ini Alasan Kenapa Megawati Mendapatkan Penghargaan Pramuka

JAKARTA ! POSTKOTAPONTIANAK.COM – Presiden Republik Indonesia ke-5 Megawati Soekarnoputri hadir dalam upacara penutupan Jambore Nasional di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur Jakarta, 20 Agustus 2016 malam.  Dalam kesempatan itu, Megawati mendapatkan penghargaan Lencana Tunas Kencana dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Lalu apa alasannya?  Menurut Ketua Kwarnas  Gerakana Pramuka Adhyaksa Dault, Lencana Tunas Kencana merupakan penghargaan tertinggi Pramuka. Megawati mendapatkan penghargaan tersebut karena dia dianggap punya kontribusi besar terhadap kemajuan Gerakan Pramuka.

“Pada zaman Ibu Megawati-lah rintisan awal program Revitalisasi Gerakan Pramuka dibentuk, kemudian diteruskan Bapak Susilo Bambang Yudhoyono,” kata Adhyaksa.

Di era kepemimpinannya Megawati Soekarnoputri juga dianggap aktif dalam memajukan Gerakan Pramuka. Ia selalu hadir pada setiap upacara Hari Pramuka dari tahun 2001-2004. Megawati juga dinilai berhasil memperjuangkan alokasi dana APBN dan APBD untuk mendukung dan membantu Gerakan Pramuka.

Selain itu, Megawati juga dianggap mendukung terciptanya kesepakatan bersama lima menteri mengenai wawasan Nusantara dengan memberikan kepercayaan agar upaya pendidikan Bela Negara dilaksanakan melalui Gerakan Pramuka.   

Sementara itu, Megawati ketika memberikan sambutan menegaskan bahwa Pramuka Indonesia itu berbeda dengan kepanduan-kepanduan lain dunia. Karena ciri khas kita adalah bernama “Praja Muda Karana”, dan ini adalah gerakan.

“Mengapa saya diberi tanda penghormatan? Sebenarnya itu bukan untuk saya tapi itu untuk bangsa Indonesia,” tandas Megawati ketika memberikan sambutan.

Jamnas sendiri sudah berlangsung sejak 14 Agustus kemarin. Pesta lima tahun Pramuka Penggalang ini diikuti oleh 25 ribu peserta. Sebelumnya, acara pembukaan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, ‎pejabat negara, tokoh, dan kepala daerah. (Humas Kwarnas)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *