PENDAPAT AKHIR BUPATI SINTANG TERHADAP PENYAMPAIAN LAPORAN GABUNGAN KOMISI DPRD DAN PERSETUJUAN ANGGOTA DPRD TENTANG RAPERDA APBD KABUPATEN SINTANG TAHUN ANGGARAN 2018 Kamis, 30 Nopember 2017

ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH ATAU APBD KABUPATEN SINTANG TAHUN ANGGARAN 2018 MERUPAKAN INSTRUMEN FISKAL YANG DIHARAPKAN MAMPU MENDORONG PERTUMBUHAN EKONOMI, MENDUKUNG UPAYA PENGENTASAN KEMISKINAN, PENGUATAN KETERSEDIAAN INFRASTRUKTUR DASAR, PENGURANGAN KETIMPANGAN ANTAR WILAYAH, SERTA MEWUJUDKAN TATA KELOLA PEMERINTAHAN YANG BAIK DAN BERSIH. HAL INI SESUAI DENGAN TEMA PEMBANGUNAN DALAM RKPD KABUPATEN SINTANG TAHUN 2018 YAITU:

“PENINGKATAN KESEJAHTERAAN SOSIAL MELALUI PEMERATAAN INFRASTRUKTUR DASAR DAN OPTIMALISASI PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH”. NAMUN DEMIKIAN, APBD TAHUN ANGGARAN 2018 SEBAGAI TAHAP PENGUATAN DALAM PENCAPAIAN VISI-MISI PADA RPJMD TAHUN 2016-2021, MEMILIKI POSTUR YANG KURANG MENGGEMBIRAKAN UNTUK MENCAPAI TARGET-TARGET PRIME MOVER PEMBANGUNAN DAERAH. SEBAB APBD TAHUN ANGGARAN 2018 MASIH MENGALAMI DILEMA ANGGARAN, YAITU KEBUTUHAN ANGGARAN PEMBANGUNAN YANG TERUS MENINGKAT SEMENTARA KAPASITAS FISKAL YANG ADA JUSTRU SEMAKIN MENURUN. TOTAL ANGGARAN PENDAPATAN DAERAH TAHUN ANGGARAN 2018 DITARGETKAN SEBESAR 1,84 TRILIUN RUPIAH. TOTAL ANGGARAN BELANJA DAERAH TAHUN ANGGARAN 2018 SEBESAR 1,88 TRILIUN RUPIAH. SEDANGKAN ANGGARAN PEMBIAYAAN DAERAH TAHUN ANGGARAN 2018 SEBESAR 38,8 MILYAR RUPIAH.

MELIHAT POSTUR APBD TAHUN ANGGARAN 2018 INI, KITA HARUS MEMILIH BEBERAPA STRATEGI FISKAL YANG TEPAT. PERTAMA; EFISIENSI BELANJA DAERAH SERTA PENINGKATAN BELANJA DAERAH YANG PRODUKIF UNTUK MENDUKUNG PENCAPAIAN TARGET-TARGET PRIME MOVER PEMBANGUNAN DAERAH. KEDUA; MEMPERKUAT DETERMINASI PROGRAM DAN KEGIATAN PEMBANGUNAN SEHINGGA MEMBAWA HASIL MAKSIMAL DAN MENGHADIRKAN DAMPAK YANG SANGAT BESAR. KETIGA; MENDORONG PEMBIAYAAN PEMBANGUNAN YANG BERKEADILAN, SEHINGGA SELURUH LAPISAN MASYARAKAT DAPAT MERASAKAN BUAH PEMBANGUNAN DAERAH. TIGA STRATEGI FISKAL INI HARUS DILAKUKAN SECARA TERPADU DALAM MENGHADAPI DINAMIKA DILEMA ANGGARAN YANG TERJADI DI TAHUN 2018.
HADIRIN SIDANG DEWAN YANG SAYA HORMATI,

SEJAK TANGGAL 10 NOPEMBER 2017 YANG LALU, KITA BERSAMA-SAMA TELAH MEMULAI PEMBAHASAN RAPERDA APBD TAHUN ANGGARAN 2018. DIAWALI DENGAN PENYAMPAIAN MATERI RAPERDA APBD DARI PEMERINTAH DAERAH, KEMUDIAN FRAKSI-FRAKSI DPRD MENYAMPAIKAN PANDANGAN UMUMNYA, DILANJUTKAN JAWABAN/TANGGAPAN PEMERINTAH DAERAH.

SERTA DITERUSKAN DENGAN RAPAT-RAPAT ANTARA GABUNGAN KOMISI DPRD BERSAMA SELURUH SKPD DI LINGKUNGAN PEMERINTAH DAERAH. PROSES DAN MEKANISME YANG DITEMPUH INI, TENTU SAJA DIWARNAI BERBAGAI PERTANYAAN, KLARIFIKASI, KOREKSI, SARAN PENDAPAT DAN DIALOG ANTARA ANGGOTA DPRD DENGAN UNSUR PEMERINTAH DAERAH. TUJUANNYA, AGAR TERWUJUD PERBAIKAN KUALITAS MATERI RAPERDA APBD TAHUN ANGGARAN 2018, SEHINGGA MAMPU

MENTERJEMAHKAN TEMA, TUJUAN DAN SASARAN PRIORITAS RKPD KABUPATEN SINTANG TAHUN 2018.
PADA HARI INI TANGGAL 30 NOPEMBER 2017, KITA TELAH SAKSIKAN BERSAMA PENYAMPAIAN LAPORAN GABUNGAN KOMISI DAN PERMINTAAN PERSETUJUAN ANGGOTA DPRD. PADA AKHIRNYA KITA JUGA MENYAKSIKAN SEMUA ANGGOTA DPRD SECARA BULAT MENYETUJUI RAPERDA APBD TAHUN ANGGARAN 2018. PROSES YANG PANJANG DALAM PENYUSUNAN APBD, DIMULAI DARI PENYUSUNAN RENCANA KERJA PEMERINTAHAN DAERAH, PENYUSUNAN RANCANGAN KEBIJAKAN UMUM ANGGARAN, PENETAPAN PRIORITAS DAN PLAFON ANGGARAN SEMENTARA, PENYUSUNAN RENCANA KERJA DAN ANGGARAN SKPD, PENYUSUNAN RANCANGAN PERDA APBD HINGGA PERSETUJUAN BERSAMA, DAPAT KITA LALUI DENGAN BAIK DAN BENAR. SAYA SANGAT BERSYUKUR DAN BERTERIMA KASIH KEPADA PIMPINAN DAN ANGGOTA DPRD KABUPATEN SINTANG, YANG TERUS BERKOMITMEN MENJAGA KETEPAN WAKTU PENYUSUNAN APBD KABUPATEN SINTANG. TRADISI YANG BAIK INI HARUS TERUS KITA PERTAHANKAN DIMASA–MASA MENDATANG. SEBAB KITA HARUS MENGHINDARI KETERLAMBATAN DALAM PENYUSUNAN APBD, SELAIN MEMATUHI.

ATURAN DALAM PASAL 20 AYAT (4) UNDANG-UNDANG NOMOR 17 TAHUN 20O3 TENTANG KEUANGAN NEGARA, JUGA UNTUK MEMPERCEPAT REALISASI PROGRAM DAN KEGIATAN SEHINGGA KITA MAMPU LEBIH RESPONSIF MENGATASI MASALAH-MASALAH MASYARAKAT. KEMITRAAN YANG BAIK ANTARA DPRD DENGAN PEMERINTAH DAERAH INI, MENJADI MODAL PENTING BAGI KITA DALAM MENYELENGGARAKAN PEMERINTAHAN DAERAH DAN PEMBANGUNAN KABUPATEN SINTANG.
PIMPINAN DAN ANGGOTA DEWAN SERTA HADIRIN YANG SAYA HORMATI,

DEMIKIANLAH YANG DAPAT SAYA SAMPAIKAN PADA KESEMPATAN INI. SEMOGA APA YANG KITA LAKSANAKAN PADA HARI INI, MENJADI WUJUD KOMITMEN KITA MENJALANKAN TUGAS DAN TANGGUNGJAWAB UNTUK MENGHADIRKAN KABUPATEN SINTANG YANG SEMAKIN CERDAS, SEHAT, MAJU, RELIGIUS DAN SEJAHTERA. DI TENGAH KONDISI YANG PENUH TANTANGAN DI TAHUN 2018 MENDATANG, KITA HARUS TERUS OPTIMIS, ADAPTIF DAN SEMAKIN MEMBANGUN SINERGI SEHINGGA KINERJA MELAKSANAKAN APBD ANGGARAN 2018 TETAP TERJAGA DENGAN BAIK. ORANG BIJAK MENGATAKAN: “SETIAP MASALAH SELALU ADA SOLUSINYA, DAN SOLUSI TERBAIK ADALAH SOLUSI UNTUK SEMUA”. SEMOGA TUHAN YANG MAHA KUASA SENANTIASA MEMBERIKAN KESABARAN DAN KEKUATAN UNTUK KITA SEMUA.

TERIMA KASIH ATAS SEGALA PERHATIAN DAN MOHON MAAF JIKA ADA HAL-HAL YANG KURANG BERKENAN.

WASSALAMU’ALAIKUM WR.WB

SELAMAT PAGI DAN SALAM SEJAHTERA, TUHAN MEMBERKATI KITA SEMUA.

BUPATI SINTANG

dr. JAROT WINARNO, M Med PH

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *