Pemkab Sintang Dorong Desa Miliki Tanah Kas

 

Thursday, 27 August 2015 14:17

SINTANG ! POSTKOTAPONTIANAK.COM-Pemerintah Kabupaten Sintang mendorong agar desa-desa bisa mandiri dan mampu mengelola potensi yang ada di wilayahnya masing-masing seperti potensi lahan yang luas serta keberadaan perusahan perkebunan kelapa sawit untuk kemajuan desanya. Karena desa memiliki hak asal usul dan hak tradisional dalam mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat yang memerlukan perlindungan dan pemberdayaan agar desa menjadi kuat, maju, mandiri dan demokratis. Demikian penjelasan Bupati Sintang Milton Crosby saat membuka kegiatan Sosialisasi Peraturan Bupati Sintang Nomor 39 Tahun 2015, tentang pedoman pembangunan kebun atau tanah kas desa oleh perusahaan perkebunan di wilayah kabupaten di gedung Pancasila  pada Kamis 20 Agustus 2015.

“keluarnya peraturan bupati ini sebagai bentuk pengakuan dan penghormatan atas desa yang suda ada dengan keberagamannya sebelum dan sesudah terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan perbub ini akan memberikan kejelasan status dan kepastian hukum atas desa, melestarikan dan memajukan adat, tradisi dan budaya masyarakat desa” jelas bupati Sintang.

”saya bersyukur dengan terbitnya Perbup nomor 39 tahun 2015 ini karena merupakan salah satu bentuk dukungan pemerintah daerah dalam mewujudkan tujuan pemerintah untuk meningkatkan pembangunan di desa. harapan saya bisa meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat desa dan dapat meminimalisir permasalahan perkebunan yang sering terjadi daalam masyarakatan” terang Milton Crosby.

Bupati Sintang menjelaskan bahwa tanah kas desa merupakan tanah yang dikuasai desa yang salah satunya bisa berasal dari usaha perkebunan yang hasil kebunnya bisa untuk pendapatan asli desa. “dengan adanya perbup ini juga memberikan kemudahan kepada para investor perkebunan di Sintang untuk mengelola kebun desa. desa juga lebih pasti jika ingin memiliki tanah kas desa yang dikelola dalam bentuk kebun” jelas Bupati Sintang.

Ketua Panitia sosialisasi yang juga Kabag Hukum Setda Kabupaten Sintang Herkulanus Roni dalam sambutannya menyampaikan, sosialisasi ini untuk memberikan pengetahuan, wawasan yang luas tentang pedoman pembangunan kebun dan kas desa diwilayah sintang, serta memberikan informasi kepada masyarakat bagaimana cara pengelolaan tanah kas desa melalui acara ini dan memberikan arahan acuan kepada perusahaan untuk memberikan wawasan terhadap proses pembangunan kebun dan tanah kas yang sudah diatur dan sesuai dengan peraturan bupati nomor 39 tahun 2015./*

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *