Pemkab Mempawah Diminta Buat Perda Cagar Budaya

MEMPAWAH: POSTKOTA PONTIANAK.COM- Pemerintah Kabupaten dan DPRD KabupatenMempawah diminta segera merancang Peraturan Daerah (Perda) tentang keberadaan warisan sejarah budaya nasional dalam hal ini terkait dengan daerah asal usul budaya dan serta perlindungan terhadap kawasan cagar budaya..

Kawasan Sebukit Rama Kabupaten Mempawah Kalimantan Barat..(foto:PKP)
Kawasan Sebukit Rama Kabupaten Mempawah Kalimantan Barat..(foto:PKP)

Permintaan pembuatan rancangan Perda tentang warisan sejarah budaya nasional itu dilontarkan Wakil Ketua Persatuan Forum Pemuda melayu Kabupaten Mempawah, Iswandi kepada wartawan dalam pertemuan informal beberapa waktu lalu,.

Dalam pertemuan itu, tambahnya, Iswandi menyebutkan, kawasan Sebukit Rama contohnya bukan hanya milik keluarga kerton semata, tapi Kalbar dan dapat masuk sebagai salah satu warisan Budaya Nasional.

Ketika pengakuan tentang Sebukit dengan tokohnya Opu Daeng Menambon sebagai warisan budaya nasional, maka diperlukan satu aturan hukum seperti Perda di tingkat Kabupaten untuk penetapan daerah ini dan daerah punya sejarah budaya lainnya sebagai warisan nasional, kata Wakil Ketua Persatuan Forum Pemuda melayu Kabupaten Mempawah, Iswandi

Dengan dimasukkannya daerah-daerah sejarah budaya di Mempawah sebagai bagian warisan Nasional, maka pengelolaan, pengembangan dan pembangunan lebih lanjut daerah tersebut sebagai aset budaya akan mendapat dukungan dari pemerintah pusat melalui APBN, tambahnya.

Sebelumnya dari hasil kunjungan Wakil Ketua Persatuan Forum Pemuda melayu Kabupaten Mempawah yang juga sekretaris Laskar Anti Korupsi ini mengatakan bahwa kawasan budaya tersebut belum memadai untuk mendukung pembangunan dan pengembangan bidang pariwisata dan ekonomi setempat.

Di bidang infrastruktur jalan menuju Objek Wisata Budaya Sebukit Rama belum memadai baik dari segi lebar maupun kualitas pengerasan, kata Wakil Ketua Persatuan Forum Pemuda melayu Kabupaten Mempawah, tersebut.

( Udin Subari MR )

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *