Pemkab Gelar Seminar Mencari Hari Jadi Sintang

Friday, 08 May 2015 00:32

Hingga kini, Kabupaten Sintang belum berhasil menentukan hari jadinya. Ketika kabupaten lain di Kalbar memperingati hari jadinya dengan meriah, Kabupaten Sintang malah belum berhasil menentukan hari jadinya.

“Penetapan hari jadi suatu daerah sangat penting dalam rangka memperjelas sejarah lahir dan berkembangnya suatu daerah serta mengukuhkan identitas suatu daerah. Penentuan hari jadi harus bedasarkan sumber informasi dan data yang bisa dipertanggungjawabkan secara historis, yuridis, ilmiah, politik, dan moral” jelas Bupati Sintang saat membuka seminar sehari dalam rangka menentukan hari jadi Kabupaten Sintang di Balai Praja Kantor Bupati Sintang pada Kamis, 7 Mei 2015.

“Seminar ini untuk menggali data dan informasi dari berbagai sumber dan dokumen untuk disepakati sebagai hari jadi Kabupaten Sintang. Harapan saya agar seminar sehari ini bisa menentukan hari jadi Kabupaten Sintang ini untuk kita serahkan kepada DPRD Kabupaten Sintang. Dan sebelum 26 agustus 2015 sudah ada draf Rancangan Peraturan Daerah tentang hari jadi, bahkan kalau bisa sudah disahkan menjadi hari jadi. Dan hari jadi ini merupakan kado untuk masyarakat kabupaten sintang” jelas Bupati Sintang.

“Saya menjadi bupati ke 7 yang sudah mencoba menentukan hari jadi Kabupaten Sintang. Selesai seminar akan kita teruskan menjadi perda penetapan hari jadi. Dalam menentukan tentu alot tetapi harus ada dialog yang baik. Apapun keputusan hari ini, Pemkab akan dukung demi kepentingan yang lebih besar. Masyarakat juga ingin kita memiliki hari jadi, hanya saja dalam penentuan ini tetap memperhatikan fakta sejarah. Hari jadi berkaitan dengan peningkatan pariwisata karena setiap tahun akan kita peringati” tambah Bupati Sintang.

Sultan Sintang Muhammad Ikhsan Kesuma Negara V menjelaskan bahwa upaya menentukan hari jadi Sintang sudah dilakukan sejak jaman Sintang dipimpin Drs. H.M. Saleh Ali (Bupati Sintang 1974-1984) dan seterusnya. “Dan hari ini saat Kabupaten Sintang dipimpin Drs. Milton Crosby,M. Si, Pemkab Sintang kembali mencoba mencari hari jadi Kabupaten Sintang melalui seminar ini. Dengan adanya hari jadi, maka salah satu modal kita untuk menyambut Pembentukan Propinsi Kapuas Raya. Kami sangat mendukung segala upaya untuk menentukan hari jadi Kabupaten Sintang ini mengingat penting dan manfaatnya yang sangat besar ” jelas Sultan Sintang Muhammad Ikhsan Kesuma Negara V.

Ketua Panitia Ir. H. Zulkarnaen, M. Si menjelaskan bahwa seminar dilaksanakan untuk menentukan hari jadi Kabupaten Sintang.

“Kami berharap seminar ini menghasilkan naskah yang akan kita jadikan acuan dalam menyusun peraturan daerah tentang hari jadi Kabupaten Sintang. Supaya hasil seminar ini baik, maka kami menghadirkan dua narasumber yakni akademisi Universitas Tanjungpura yang juga Raja Kesultanan Ismahayana Landak Dr. H. Gusti Suriyansyah, M. Si, dan Wakil Bupati Sintang periode 2000-2005 Drs.H. Ade Kartawijaya.(infosatu/wartajurnalis)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *