Pemilukada Mendatang

LSM Penjara : Mensinyalir Disdukcapil  Bakal Mainkan DP4

POSTKOTAPONIANAK.COM ! DEPOK-Guna mengantisipasi kecurangan dalam Pemilihan Umum Kepala

Ketua LSM Penjara Kota Depok, Hamza Al Ghazali Nababan.(Ist)
Ketua LSM Penjara Kota Depok, Hamza Al Ghazali Nababan.(Ist)

Daerah (Pemilukada) Depok pada Desember 2015 mendatang, maka dihimbau kepada seluruh masyarakat Depok khususnya agar mengawal Daftar Penduduk Potensial Pemilih (DP4). Pasalnya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Kota Depok di kawatirkan bisa memainkan DP4 tersebut guna kepentingan dan keberpihakan.

“Artinya seluruh elemen masyarakat yakni, Aktifis, Ormas dan LSM di Kota  Depok ini, agar mengawal DP4 tersebut. Sebab kita belajar dari pengalaman lima tahun lalu, dimana masih banyak data ganda, nama ganda, orang yang telah meninggal, dan banyak lagi permasalahan lainnya yang masih terdaftar dalam DP4,” ujar Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Pemantau Kinerja Pejabat Aparatur Negara (Penjara) Kota Depok, Hamza Al Ghazali Nababan kepada wartawan, Senin (27/24/2015), di Balaikota Depok.

Dia juga menegaskan, bahwa ini pentingnya pengawasan terhadap DP4, guna mengantisipasi kecurangan dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Depok pada Desember 2015 mendatang. Maka LSM Penjara berharap tidak ada permainan dalam DP4 tersebut agar Pemilukada mendatang berjalan dengan baik dan jurdil.

“Artinya, ketika DP4 yang diserahkan Disdukcapil kepada komisioner KPUD harus benar-benar pasti. Bahkan berharap tidak ada keberpihakan dari PNS untuk mendukung partai atau calon tertentu,” tandas Hamzah.

Sebelumnya, pihak Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Depok, segera memanggil Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Mumun Misbahul Munir, untuk mengetahui jumlah DP4 Kota Depok.

“Benar pihak komisi A segera memanggil Kepala Disdukcapil Mumun Misbahul Munir. Menurutnya, pemanggilan Munir terkait erat dengan persiapan DP4 yang akan diserahkan ke KPUD Kota Depok,” ujar Ketua Komisi A  DPRD Depok, Nurhasyim.

Nurhasyim juga tidak ingin melihat ataupun mendengar ada permainan dalam menentukan DP4. Apalagi sampai ada indikasi keberpihakan Disdukcapil dalam pemenangan partai ataupun calon walikota.

“Artinya kita wanti-wanti mereka agar tidak melakukan hal itu,” imbuhnya./Faldi/Sudrajat

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *