Pembangunan Turap Beton Sebagai Upaya Pengendalian Daya Rusak Air

Proyek Turap Beton Jl. Panglima Aim. / foto : dv
Proyek Turap Beton Jl. Panglima Aim. / foto : dv

PONTIANAK   ! POSTKOTAPONTIANAK.COM –– Merujuk pada pembangunan turap beton yang diprogramkan oleh Dinas Pekerjaan Umum Kota Pontianak, Bidang Sumber Daya Air yang bersumber dari  APBD Kota Pontianak diharapkan dapat mencapai sasaran keberhasilan dan bermanfaat bagi masyarakat.

Sejatinya ditinjau dari letak geografis, Kota Pontianak memiliki banyak anak sungai kecil, tak pelak pembangunan turap beton menjadi salah satu program unggulan yang dilaksanakan berdasarkan urutan prioritas dan kemampuan pendanaan Pemerintah Kota Pontianak.

“Jadi dengan memperkuat tebing yaitu pemasangan turap beton, kita berupaya untuk mengendalikan daya rusak air. Dan jelas  dengan dibangunnya turap maka akan menyelamatkan konstruksi jalan di pinggir sungai/parit sehingga cukup aman dari bahaya longsor akibat gerusan air dan beban kendaraan, ” jelas  Kabid SDA, Dinas PU Kota Pontianak, Hendra Bachtiar, pada postkotapontianak.com saat ditemui pada hari Kamis (15/9/16).

Dikatakan Hendra,  Pemerintah Kota Pontianak juga akan fokus pada bagian muara saluran primer dan skunder yang berhubungan langsung dengan Sungai Kapuas maupun Sungai Landak. Upaya tersebut dilakukan dalam rangka menjaga kelancaran drainase dari kawasaan permukiman.

“Jika bagian muara tersumbat maka genangan air akan sulit surut. Hal ini akan menyebabkan banjir atau genangan di bagian terendah. Dalam kesempatan ini saya juga menghimbau agar masyarakat  dapat lebih peduli terhadap saluran, parit dan sungai serta tidak membuang sampah ke dalam saluran. Gotong-royong menjadi kunci agar kita sadar untuk membersihkan saluran lingkungan kita bersih, sehat dan indah, ” papar Hendra.

Ditempat terpisah, Hendri (27) salah seorang warga Jalan Panglima Aim, Kecamatan Pontianak Timur, Kota Pontianak, memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Pontianak yang telah membangun wilayah Kota Pontianak pada taraf yang lebih baik.

” Pembangunan turap ini sudah tepat sasaran mengingat turap kayu belian yang ada, semakin lama makin berkurang kekuatannya. Sehingga sudah saatnya untuk diperbaharui secara bertahap. Apalagi jika dilihat lalu lintas kendaraan yang lewat di jalan ini makin bertambah, baik jumlah maupun bebannya. Untuk itu saya berharap agar seluruh saluran yang ada di Pontianak Timur, dapat diberikan konstruksi turap beton atau jenis konstruksi lain, sehingga lebih indah dan juga lebih kuat, ” tukasnya.*/ (dev)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *