*Pembangunan Pelabuhan Kijing

Wagub Sebut Mempawah Istimewa

Post Kota Pontianak-Mempawah. Pemerintah Provinsi Kalbar pun tak ketinggal memberikan dukungan atas realisasi pembangunan pelabuhan kijing. Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Christiandy Sanjaya menyebut Mempawah sebagai daerah istimewa. Meski kecil secara geografis, Mempawah akan menjadi pusat perekonomian.

Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Christiandy Sanjaya./ IST
Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Christiandy Sanjaya./ IST

“Pusatnya nanti di sini. Pusat kehidupan pelabuhan yang akan mewadahi seluruh Kalimantan Barat. Karena nanti pelabuhan Pontianak akan pindah. Ini nanti akan banyak sekali efeknya di bidang ekonomi,” ucapnya.

Menurut dia, pembangunan infastruktur di Mempawah maju pesat. Di antaranya berupa pembangunan kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri di Kecamatan Segedong, pembangunan Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat Kementerian Perhubungan di Kecamatan Mempawah Timur, dan pelabuhan internasional di Kecamatan Sungai Kunyit.

“Bayangkan Mempawah bisa menjadi pusatnya. Sebentar lagi kita dengan Pelindo akan membangun pelabuhan internasional dengan anggaran triliunan. Karena itu saya berpesan agar masyarakat banyak bersyukur. Selain itu tentu saja mendukung penuh pembangunan ini.

Christiandy menerangkan potensi sawit di Kalimantan Barat hingga dua tahun ke depan diperkirakan mencapai 1,5 juta hetare. Sekarang saja sudah 1,2 juta hektare. Ekspor VCO kita luar biasa, tapi pajak ekspornya tidak masuk ke kita. Itu karena kita tidak punya pelabuhan ekspor. Jadi kalau Pelindo bisa realisasikan ini, keuntungan luar biasa bagi daerah kita, bukan saja Mempawah,” tuturnya.(leo/din/pkp)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *