Pembangunan Jangan Melenceng Dari Musrenbang

Gubernur Cornelis dalam acara Musrenbang Kabupaten Landak. / ya'sahdan
Gubernur Cornelis dalam acara Musrenbang Kabupaten Landak. / ya’sahdan

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! NGABANG-Dalam kata sambutannya, Gubernur Kalimantan Barat, Drs.Cornelis, MH, di acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kabupaten Landak, tahun 2016, Rabu, (25/3/2015), menegaskan dan mengingatkan kepada semua pihak bahwa pembangunan yang dilaksanakan itu harus sesuai dengan usulan yang disampaikan dalam Musrenbang. “ Jangan coba-coba mengotak atik apalagi melenceng dari Musrenbang karena hal itu akan menjadi urusan KPK. Jika terjadi temuan maka penyidikan kasus itu dimulai dari Musrenbang. Saya bukan menakut-nakuti, tapi begitulah pesan dari KPK, ” tegas.

Dalam kesempatan ini Gubernur Cornelis juga meminta kepada para anggota DPRD Kabupaten Landak untuk dapat mengawal aspirasi yang ditampung dari masyarakat dan diusulkan dalam Musrenbang tersebut. ” Aspirasi pembangunan diajukan dalam Musrenbang, silakan dikawal,” pintanya.

Sementara itu, Bupati Landak Adrianus AS menyatakan Musrenbang merupakan pelayanan kepada masyarakat dan ini berimbas kepad tata kelola Pemerintahan yang baik. “Ini sangat penting dan starategis, dan ini merupakan pencapian tujuan pembangunan,” katanya.

Bupati Landak juga mengatakan, Musrenbang merupakan tahapa proses pembangunan Landak dan tahapan akhir Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) 2012-2016.

Bupati menambahkan, dalam rangka meyediakan sarana umum, disadarinya memerlukan dana yang tidak sedikit. Kadang usulan yang disampaikan masyarakat melampaui dana yang tersedia. Oleh karena itu masih banyak pembangunan yang belum dapat dilaksanakan.

Musrembang ini juga merupakan proses seleksi dari sekian banyak pembangunan dari seluruh stakeholder di Kabupaten Landak. Sehingga bisa dipilih bobot yang menjadi skala prioritas sesuai dengan SKPD dan jenis program diusulkan disediakan dengan sumber dana yang ada.

Semenatara itu Kepala Bappeda Landak Theresia Limawardani mengatakan, Musrenbang itu sendiri adalah dalam rangka Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD). Sehigga pelaksanaan Musrenbang ini memang sangat strategi, untuk pembangunan daerah khususnya Kabupaten Landak. “Semua usulan yang disusun itu harus berdasarkan skala prioritas untuk dibahas bersama ,” ucapnya. / Ya’Syahdan

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *