Pelayanan Kependudukan Tidak Ada Hentinya

POSTKOTAPONTIANAK,COM

( SAMBAS ) Pelayanan kependudukan tidak ada hentinya,terus bergerak bagai air yang mengalir tiada hentinya terang Drs.H.Sunaryo pada awak media diruang kerjanya Kantor Dinas Kependudukan dan catatan Sipil Kabupaten Sambas 24.10.2017 seusai Sholat Duhur bersama.

Drs.H.Sunaryo Kepala Dinas Kependudukan dan catatan Sipil Kab.Sambas./ lh

Dalam satu bulan permintaan Kartu Tanda Penduduk saja bisa tembus sepuluh ribu pemohon. Diantaranya remaja yang menginjak usia 17 tahun mencapai kisaran 42 persen, sisanya permohonan berbagai alasan yang memang harus diajukan.

Namun yang sangat mengejutkan menurut Sunaryo adalah permohonan perubahan status.dari berkeluarga menjadi status jomblo, misal duda atau janda persentasenya meningkat dapat mencapai dua puluh persenan dan terus berdinamika.

Memang kendala utama masih klasik yakni blanko yang didistribusikan ke kita masih jauh,dari 10 ribu pemohon perbulannya paling dua puluh lima persen yang mendapatkan kartu sisanya terpaksa harus dibekali Surat Keterangan Kependudukan.

Terpisah Akhyani BA Ketua Lembaga Anti Korupsi Kalbar (Legatisi) mengatakan, hal ini tidak lepas dari perilaku Korupsi E KTP di pusat yang luar biasa merajalela, sehingga yang menjadi korban rakyat, padahal Kartu Tanda Penduduk itu hal yang mutlak harus ada dikantong kita dan selalu mengikuti perjalanan hidup kita sampai akhir hayat. Segala keperluan atau hajat hidup kita bergantung pada KTP,pungkas Akhyani./ (lh).

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *