Pelantikan Pejabat Eselon Dilingkungan PEMKAB Melawi Diwarnai Aksi Demo

Reporter// Frans Somil

Saat penandatanganan pelantikan  pejabat eslon oleh PJ Bupati Melawi Hatta, S.Pd.MM di Pendopo Runjab Bupati Melawi Pada jumat, 9 Oktober 2015./foto : Frans
Saat penandatanganan pelantikan pejabat eslon oleh PJ Bupati Melawi Hatta, S.Pd.MM di Pendopo Runjab Bupati Melawi Pada jumat, 9 Oktober 2015./foto : Frans

MELAWI ! POSKOTA PONTIANAK.COM-Pj Bupati Melawi Hatta melakukn Pelantikan kepala sekolah dan pengambilan sumpah janji jabatan, dan pejabat eselon II, III dan IV di lingkungan Pemkab Melawi pada Jumat (9/10/2015), pelantikan yang berlansung di aula pendopo Rumah dinas jabatatan Bupati Melawi tersebut diwarnai dengan aksi unjuk rasa oleh ratusan masyarakat yang mengatas namakan “FORUM MASYARAKAT PEDULI MELAWI”.

Koordinator masa Uray usman saidi As saat berorasi menuntut pelantikan tersebut dibatalkan karena dianggap bertentangan dengan aturan PP no 49 tahun 2008 dalam mutasi jabatan.

“ Saya tidak bisa menyebutkan secara langsung indikasi-indikasi tersebut, namun yang pasti bahwa pelanggaran itu ada, pelanggaran itu jelas termuat dalam PP nomor 49 tahun 2008, perubahan asas undang-undang nomor 6 tahun 2005 dipasal 132 jelas, pejabat bupati tidak dibenarkan untuk melakukan mutasi, dan mengambil kebijakan,”

Koordinator Demonstran Uray Usman Saat Menyampaikan Orasi Protes Atas Pelantikan Pejabat Eselon di depan Pendopo Rumjab Bupati Melawi Pada jumat, 9 Oktober 2015 ./ foto : Frans
Koordinator Demonstran Uray Usman
Saat Menyampaikan Orasi Protes Atas Pelantikan Pejabat Eselon di depan Pendopo Rumjab Bupati Melawi Pada jumat, 9 Oktober 2015 ./ foto : Frans

Dia mengatakan ini bukan negara Melawi sendiri melainkan masih tergabung dalam NKRI.  Aksi yang disampaikan tersebut tidak ada kepentingan apapun melainkan demi kepentingan masyarakat ,jelas Uray Usman.

Sepanjang aksi demo berlansung, pelantikan tetap di laksanakan oleh PJ Bupati Hatta dengan di kawal ketat oleh sejumlah aparat keamanan dari polres melawi dan Satpol PP .

Merasa aspirasi para demonstran tak di gubrisi oleh PJ Bupati, masa yang tergabung dalam Forum Masyarakat Peduli Melawi itu kemudian berlanjut ke Gedung DPRD guna menyampaikan Tuntutannya ke Wakil Rakyat.

Setibannya di gedung DPRD Kabupaten Melawi , pelaku aksi demo ini disambut lansung oleh Ketua DPRD Kabupaten Melawi Abang Tajudin beserta Anggota DPRD lainnya, kemudian langsung melakukan diskusi bersama dalam ruangan rapat DPRD Melawi.

Setelah mendengarkan tuntutan yang dipaparkan oleh para demonstran, Abang Tajudin akan segera menindak lanjuti permasalahn ini ini dengan menggunakan Hak Interplasi DPRD akan segera memanggil Hatta untuk dimintai keterangan, nanti kita lihat hasil pertanggung jawaban Hatta,” tutur Abang Tajudin mewakili para Anggota Dewan saat berdiskusi dengan para Demonstran.

Usai Menyampaikan Aspirasinya kepada Ketua DPRD para Demonstran kordinator aksi Uray Usman menuturkan, bahwa aksi ini tidak hanya sampai di sini, beliau dan rekan-rekan juga akan menyurati Gubernur Atas pelanggaran yang dilakukan Hatta selaku Pejabat Bupati Melawi selama menjadi PJ Bupati di Kabupaten jelasnya./*

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *