Pelanggan Dapat Air Coklat

kualitas air bersih dari PDAM tampak keruh./Leo A/PKP
Kualitas air bersih dari PDAM tampak keruh./Leo A/PKP

MEMPAWAH -Post Kota Pontianak. Beberapa pelanggan air di Kota Mempawah mengaku berang dengan kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Pasalnya, beberapa hari belakangan mutu air bersih yang didistribusikan tak layak konsumsi. Pelanggan mendapatkan air coklat alias lumpur.

“Kurang lebih 2-3 hari ini, air yang diberikan PDAM sangat buruk kualitasnya. Bukan lagi air sungai yang dialirkan tetapi air lumpur. Tentu kami merasa kecewa dengan pelayanan air yang diberikan tidak sesuai harapan,” sesal Yunie, seorang pelanggan PDAM Mempawah, Selasa (10/5).

Menurut dia, buruknya kualitas air yang didistribusikan PDAM kepada pelanggan di Kota Mempawah bukan pertama kalinya. Melainkan sudah sering sekali air yang didistribusikan dalam kondisi tidak layak konsumsi.

“Biasanya kami terpaksa menaburkan tawas agar lumpur dari air yang didistribusikan PDAM Mempawah bisa mengendap. Jika lumpurnya tidak diendapkan, maka air nya tidak akan bisa dipakai untuk keperluan sehari-hari,” pendapatnya.

Padahal, sambung dia, air bersih sangat dibutuhkan dalam menunjang aktivitas sehari-hari. Terutama untuk Mandi, Cuci dan Kakus (MCK). Termasuk pula untuk keperluan lain seperti berwudhu.

“Kami mendesak agar Pemerintah Kabupaten Mempawah selaku owner PDAM dapat melakukan upaya nyata untuk meningkatkan kualitas pelayanan air bersih. Terutama membenahi management dengan menempatkan orang-orang profesional yang menguasai persoalan air bersih,” sarannya mengakhiri.(Leo.A/Din-PKP)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *