Paulus Misi Rencanakan Jalan Alternatif Lingkar Sungai Ayak

Camat Belitang Hilir, Paulus Misi./yahya
Camat Belitang Hilir, Paulus Misi./yahya

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! SEKADAU-Seiring geliat pembangunan yang dijalankan pemerintah daerah, perkembangan inipun mulai menular ke masyarakat. Tentu ini kabar baik yang harus didukung. Seperti yang dilakukan warga Sungai Ayak, Kecamatan Belitang Hilir Kabupaten Sekadau.

Menyadari perkembangan wilayah yang kian pesat, warga dari beberapa dusun secara swadaya berencana membuka jalan baru sebagai jalur alternatif. Jalan tersebut akan menghubungkan Sunyat, Padong dan Simpi. Jika terealisasi, maka ruas jalan itu akan memiliki panjang lebih kurang 3,8 kilometer.

Ide pembukaan ruas jalan baru itu sendiri muncul dari warga. Dengan kesadaran tinggi, warga yang memiliki lahan di sepanjang areal jalan yang direncanakan bersedia menyerahkan lahan mereka untuk pembangunan jalan. Inisiatif masyarakat inipun mendapat dukungan penuh dari pemerintah kecamatan Belitang Hilir.

“Apapun untuk tujuan pembangunan dan kebaikan bersama patut kita dukung. Disini kami juga mendukung dengan mengajukan proposal kepada investor yang ada di kawasan Belitang Hilir untuk membantu pembukaan jalan ini,” ujar Camat Belitang Hilir, Paulus Misi saat ditemui di kantornya, (27/3//2015).

Proposal yang diajukan pemerintah kecamatan sepertinya mendapat respon positif dari kalangan investor. Terbukti, beberapa waktu lalu perwakilan PT. Parna Agro Mas melakukan survey terhadap lokasi pembangunan ruas jalan baru lingkar Sungai Ayak.

“ Ya mudah-mudahan saja dikabulkan,” harap Misi. Jika nanti jalan lintas Sunyat-Simpi akan terbuka, maka jalur tersebut akan menjadi jalur alternatif bagi kendaraan-kendaraan, khususnya ekspedisi. Dengan melewati jalur itu, pengguna jalan tak harus memutar lewat pasar Sungai Ayak yang notabene jalannya selalu ramai dan sempit.

“ Khususnya angkutan TBS ya. Karena kalau lewat pasar kan ramai, terus jalannya pun relatif sempit. Jalan ini juga untuk perluasan kota yang lebih mengarah kesana,” tandas Misi. /Yahya

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *