Patroli Sepeda untuk Cegah Kriminalitas

Patroli sepeda : Sejumlah polisi wanita dari jajaran Polres Sekadau Kalimnatan Barat, tampak akrab berinteraksi dengan beberapa pelajar saat melakukan patroli bersepeda, Kamis (19/3) pagi kemarin. Tindak kriminalitas yang kian meningkat menuntut kewaspadaan semua pihak, termasuk masyarakat umum.

(POST KOTA PONTIANAK.COM)

Polwan sedang melakukan Patroli dengn sepada.( foto;yahya pkp)
Polwan sedang melakukan Patroli dengn sepada.( foto;yahya pkp)

SEKADAU-Menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) merupakan tugas seluruh elemen masyarakat. Semua pihak wajib terlibat dalam memelihara kondusivitas kamtibmas di lingkungan masing-masing. Ini penting mengingat seiring perkembangan daerah yang kian pesat, tindak kriminal pun belakangan menunjukkan tren yang meningkat.

Tak ayal kondisi ini menuntut kewaspadaan tinggi. Kalau masyarakat umum, salah satu cara yang paling relevan adalah dengan mengaktifkan kegiatan sistem keamanan lingkungan atau siskamling. Nah, kalau polisi sebagai aparat penegak hukum yang salah satu tugasnya adalah menjamin rasa aman bagi masyarakat, punya cara tersendiri. Seperti yang dilakukan jajaran Kepolisian Resor Sekadau.

Berbekal 30 unit sepeda sport yang dihibahkan oleh pemerintah daerah belum lama ini, para polisi kerap terlihat berpatroli berkeliling kota dengan menggunakan sepeda. Dengan bersepeda, patroli diyakini lebih efektif karena petugas bisa lebih mudah menyapa dan berinteraksi dengan masyarakat.

Kamis (19/3/2051) pagi  beberapa orang polisi wanita tampak akrab berbincang-bincang dengan masyarakat dan para pelajar yang sedang melintas di jalanan. Sambil menepikan sepeda sportnya, para Polwan ini memberikan penjelasan tentang tujuan patroli maupun menyampaikan himbauan yang berkaitan dengan Kamtibmas.

Menurut Kapolres Sekadau, AKBP Muslikhun, patroli bersepeda memang sudah direncanakan sebelumnya. Berkat dukungan dari Pemkab Sekadau berupa sarana penunjang, akhirnya patroli sepeda dapat terealisasi dengan cepat.

“ Tujuan patroli diantaranya untuk mencegah dan mendeteksi potensi gangguan kamtibmas serta memberikan rasa aman bagi masyarakat. Patroli sekaligus untuk mempererat kemitraan dengan masyarakat,” ujar Muslikhun,

Patroli sepeda tak hanya dilakukan petugas di Polres saja. Muslikhun juga telah menginstruksikan agar jajaran Polsek mengaktifkan kegiatan patroli bersepeda.
“ Sepedanya kan dibagi-bagikan untuk Polsek-Polsek juga, jadi saya harap Polsek juga aktif melakukan patroli,” tandas Muslikhun. /Yahya PKP/

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *