Pasca Lebaran Idris : Pemkot Depok Segera Lakukan OYK

 

DEPOK – Pasca lebaran Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan menggelar Operasi Yustisi Kependudukan (OYK). “Ini untuk mengantisipasi pendatang baru, tanpa dilengkapi dokumen kependudukan,” tegas Wali Kota Depok, Mohammad Idris kemarin.

Menurutnya, bahwa Operasi Yustisi ini agar pendatang yang masuk tidak hanya terdata. Tapi, juga bisa diketahui ada atau tidaknya surat pengantar dari kampung halamannya masing-masing. “Rencananya operasi yustisi dilaksanakan setelah liburan lebaran Idul Fitri,” tututr Idris.

Dia menjelaskan, bahwa pihaknya menggandeng Pengadilan Negeri (PN) Kota Depok, kejaksaan, kepolisian, dan juga Satpol PP. “Tempat yang akan didata nanti mulai dari perumahan penduduk maupun kos-kosan. Intinya kami ingin menerapkan Perda Nomor 10 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan. Selain pendatang, kami akan mendata Warga Negara Asing (WNA),” jelas Idris.

Idris mengingatkan, bahwa Operasi Yustisi juga sebagai shock therapy bagi para pendatang yang belum melapor. Jadi kami imbau para pendatang untuk lapor diri sehingga bisa kita data dan tahu kekeinginannya.

“Kami juga menganjurkan agar warga yang bersangkutan wajib lapor dan membuat Surat Keterangan Tempat Tinggal (SKTT) sebagai syarat tinggal di Depok untuk sementara waktu.Kami akan serahkan kepada camat dan lurah setempat untuk ditindaklanjuti,” imbuhnya. (Faldi).

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *