Panitia Pembentukan BUMDes Desa Munggu Terpilih

( Para peserta, terdiri dari Kades, Sekdes, Aparatur Desa, Ketua BPD, Kadus, RT, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tenaga Ahli, Pendamping Desa, dalam agenda pembentukan BUMDes Desa Munggu, Selasa (22/8/2017),/dan)

 

POSTKOTAPONTIANAK. COM
(NGABANG)-
Selasa,(22/8/2017), bertempat di Kantor Desa Munggu berlangsung musyawarah pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Musyawarah ini dihadiri, Kades, Sekdes, ketua BPD, Aparatur Desa, Kadus, RT, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tenaga Ahli, Pendamping Desa, serta undangan.

Kepala Desa Munggu (Mulyadi), sangat mengapresiasi pembentukan BUMDes Desa Munggu. Menurutnya. pembentukan BUMDes ini merupakan amanah dari undang undang, dimana mengharuskan setiap Desa memiliki BUMDes. Hal ini sangat penting, karena tugas yang dilaksanakan oleh BUMDes ini adalah untuk memberdayakan potensi yang dimiliki Desa. Kades Mulyadi mengakui bahwa pendapatan asli Desa Munggu selama ini memang tidak ada. Sementara sumber dana yang ada selama ini hanya dana trafer dari Pusat, Provinsi dan Kabupaten. Dana tranfer itu yaitu Dana Desa, bagi hasil pajak, alokasi dana Desa, dan bantuan -bantuan baik dari Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten. Sementara pendapatan asli Desa sangat nihil. ” Dengan dibentuknya BUMDes ini diharapkan dapat menggali berbagai potensi yang dimiliki Desa Munggu, ” harapnya.

Sementara itu Ketua BPD munggu, Sukisno, meminta agar struktur pengurus BUMDes terdiri dari orang orang yang mau bekerja untuk kemajuan, amanah dan bertanggung jawab, dan memiliki gagasan dan pemikiran untuk dapat mengoptimalkan potensi Desa guna menjadi penghasilan Desa untuk kemajuan bersama.

Desa Munggu dinilai oleh tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Desa Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD), Joni Kurnia, SP, layak memiliki BUMDes.
Desa Munggu sudah memiliki online ke tingkat pusat. Menurutnya Desa Munggu memiliki banyak potensi, seperti pipanisasi, sawah, wisata alam, sumber air mineral, dan banyak lagi potensi lainnya yang sangat memungkinkan untuk di garap. Dia berharap paling lambat September 2017 ini BUMDes Desa Munggu harus sudah terbentuk, ” harapnya.

Joni menambahkan, permodalan dalam BUMDesa harus minimal 51 persen tetap dikuasi Desa.Alasannya karena BUMDes ini harus dikuasai Desa karena dia menjadi kebutuhan Desa yang berfungsi sebagai sumber penghasilan Desa. “Saham tunggal harus dikuasi Desa, “tegasnya.
Selanjutnya setelah melalui urung rembuk terpilihlah anggota tim pembentukan BUMDes Desa Munggu, yaitu Ya’ Mulyadi, Syahdiman, Tri Ramanda, Harun Dihadi, Anjasmara. Tim inilah nantinya yang bertugas membentuk struktur kepengurusan BUMDes. (dan)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *