Panglima Tinjau Bloking Kanal Pilang Pisau

Reporter : Devi Lahendra

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo Tinjau Bloking Kanal Untuk Mengatasi Kebakaran Lahan./ foto : Penerangan Kodam XII/Tanjungpura
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo Tinjau Bloking Kanal Untuk Mengatasi Kebakaran Lahan./ foto : Penerangan Kodam XII/Tanjungpura

PULANG PISAU ! POSTKOTAPONTIANAK.COM  – Panglima TNI Jendral TNI Gatot Nurmantyo memberikan pengarahan tentang penanggulangan kebakaran hutan dan lahan kepada para Pangkotama, Danrem dan Dandim jajaran Kodam XII/Tanjungpura di Desa Tumbang Nusa, Kecamatan Jabiren Raya, Tumbang Nusa, Kalimantan Tengah, Selasa (13/10/15)

Doc foto ; Penerangan Kodam XII/Tanjungpura
Doc foto ; Penerangan Kodam XII/Tanjungpura

Sejatinya  para Dandim yang berada diwilayah sumber asap beserta para pengusaha yang memiliki lahan untuk ikut dalam kegiatan pemadaman api dilahan yang terbakar. Pasalnya kebakaran hutan dan lahan saat ini disebabkan oleh lahan gambut kering yang sangat mudah terbakar.

Dengan metode blocking kanal yang dibuat untuk menampung air dan membasahi lahan gambut, bukan sepeti kanal yang telah dibuat beberapa perusahaan pengelola lahan yaitu untuk menyerap air. Kanal yang dibuat harus sistem blok untuk menampung air yang dapat digunakan saat pasang surut sehingga tetap dapat membuat lahan basah.

“Jadi bloking kanal yg dibuat pada hakikatnya sangat sederhana dengan biaya yang tidak semahal yang dibayangkan namun sangat memiliki dampak yang sangat positif untuk masyarakat banyak, “ jelas Gatot pada sejumlah wartawan.

Lebih jauh Gatot menegaskan agar para Dandim yg wilayahnya rawan kebakaran hutan dan lahan harus dapat mensosialisaikan kepada pengusaha dan masyarakat yang memiliki lahan tentang manfaat blocking kanal yang saat ini sudah dibbangun.

Lebih jauh Gatot memerintahkan agar helikopter yang ada disetiap  Kodam agar digunakan untuk memantau titik api diwilayahnya masing-masing.

“Jadi gunakan semua helikopter yang ada, tandai titik api yang jadi temuian tim dan kirim alat berat langsung kerjakan. Dananya minta ke pengusaha yang punya lahan dimaksud, rakyat sudah susah maka kewajiban kita untuk membantu jangan diperparah lagi degan kabut asap yg berkepanjangan, “ tukas Gatot mengakhiri./

Penerangan Kodam XII/Tanjungpura, Mayor Komaruddin

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *