Pangdam XII/Tpr Turun, Cegah Aksi Anarkis Massa Yang Akan Bakar Mapolsek Pontianak Timur

PONTIANAK ! POSTKOTAPONTIANAK.COM – Panglima Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura Mayjen TNI Andika Perkasa langsung mendatangi  Mapolsek Pontianak Timur, di Jl Sultan Hamid II, Pontianak, Kalimantan Barat, sesaat setelah menerima laporan dari Komandan Kodim 1207/BS Kolonel Inf Jacky Ariestanto, Selasa (30/08/2016) malam.

Selain Pangdam, tampak datang juga Kapolda Kalbar Irjen Pol Musyafak dan Kasdam XII/Tpr Brigjen TNI Ahmad Supriyadi.

Sekelompok warga menyerang kantor Polsek Pontianak Timur,  karena Informasi yang beredar ada satu diantara warga mereka yang bernama Dayat ditembak oknum anggota Polsek, sehingga  warga marah dan mengamuk.

Ratusan Warga memblokade jalan dengan cara membakar ban dan kayu di tengah jalan sekitar 100 meter dari Mapolsek. Penyerangan ini berbuntut dari tewasnya warga yang merupakan residivis curat dan curas yang ditangkap petugas Polsek Pontianak Timur.

Informasi yang dihimpun, saat dilakukan penangkapan terhadap residivis tersebut mencoba melarikan diri. Sehingga petugas di lapangan melumpuhkannya dengan cara menembak. Nyawa Dayat pun tak dapat diselamatkan.

Tampak kesigapan puluhan  anggota  TNI AD dari Batalyon Infanteri  643/Wanara Sakti dan Kodim 1207/BS yang merupakan prajurit Kodam XII/Tanjungpura membantu untuk menenangkan Warga. Tidak hanya itu, bahkan  Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Andika Perkasa bersama Komandan Kodim 1207/BS Kolonel Inf Jacky Ariestanto turun langsung menenangkan massa yang semakin brutal.

Baru tengah malam dengan dimediasi prajurit Kodam XII/Tpr antara warga  dan kepolisian, sehingga massa berangsur membubarkan diri, bahkan istri korban  dikawal Prajurit Kodam XII/Tpr  pulang ke rumah meninggalkan Mapolsek Pontianak Timur.

Malam itu Pangdam XII/Tpr memerintahkan prajuritnya untuk membantu pengamanan disekitar tempat kejadian termasuk menyiagakan 3 peleton pasukan di Makoramil 1207-04/Pontianak Timur dan Mapolsek Pontianak Timur. Hingga siang ini prajurit TNI masih melakukan pengamanan dan  beberapa diantaranya berada dirumah duka untuk mengikuti prosesi pemakaman korban./dd/lk

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *