Pangdam XII/Tpr Resmikan Yonkav 12/BC

MEMPAWAH ! POSTKOTAPONTIANAK.COM – Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Andika Perkasa meresmikan Batalyon Kavaleri 12/Beruang Cakti di Desa Peniti Luar Kecamatan Siantan Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Selasa (30/08/2016) Sore kemarin.

Menurut Pangdam, bahwa sebagai implementasi perencanaan strategis dalam pembangunan kemampuan, khususnya kemampuan Pertahanan Matra Darat dalam menghadapi berbagai kemungkinan ancaman dan kontijensi yang dapat terjadi diwilayah perbatasan, TNI Angkatan Darat membentuk Batalyon Kavaleri yang semula Detasemen Kavaleri 2/BC tumbuh dan berkembang menjadi Batalyon Kavaleri 12/BC yang bermarkas di daerah Peniti Kabupaten Mempawah Provinsi Kalimantan Barat.

“TNI AD khususnya Kodam XII/Tpr, terus berupaya meningkatkan kemampuannya untuk menjawab tantangan dan tuntutan tugas dengan melakukan penataan organisasi melalui validasi dan penyesuaian orgas serta pengembangan satuan yang berorientasi pada profesionalisme prajurit dan optimalisasi keberhasilan pelaksanaan tugas”, kata Pandam.

Peresmian Yonkav 12/BC merupakan pengembangan kekuatan TNI AD dalam rangka menjaga kedaulatan NKRI, hal ini merupakan respon atas perkembangan lingkungan strategis yang dinamis dan multidimensional khususnya dalam setiap mengamankan wilayah perbatasan, terangnya.

“Yonkav 12/BC mempunyai tugas pokok untuk melaksanakan pertempuran darat yang bersifat offensive, guna mendekati dan menghancurkan musuh dengan menggunakan daya tembak, daya gerak & daya kejut serta lindung lapis baja dalam rangka mendukung tupok Kodam XII/Tpr” jelas Pangdam.

Pangdam XII/Tpr, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung dalam pengembangan Denkav-2/BC menjadi Batalyon Kavaleri 12/BC, kepada Pemerintah Daerah dan masyarakat sekitar, Pangdam mengharapkan kehadiran Batalyon Kavaleri 12/BC dapat diterima dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat di sekitar satuan.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kapolda Kalbar Irjen Pol Musyafak, Danlanud Supadio Marsma TNI Tatang Herlyansyah, DanPussenkav Kodiklat TNI AD Brigjen TNI Anang Dwitono, Wadan Lantamal XII/Pontianak, dan sejumlah pejabat Prov Kalbar dan Kabupaten Mempawah./ dd/ lk

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *