Panen Perdana di Jungkat Bersama Pupuk Cendana

“ Kita Sehat Indonesia Kuat bersama Organik Cendana”.  Pupuk Organik Ini Merupakan Pupuk cair Lengkap  sebagai Pupuk Dasar yang berfungsi memperbaiki struktur  tanah penyedia hara makro-makro, yang diformulasikan dari unsur-unsur organik hayati dan nabati serta diperkaya dengan mikroba, hormon dan enzim yang mutlak dibutuhkan , tanaman untuk pertumbuhan vegetatif-generatif “

POSTKOTAPONTIANAK,COM

( MEMPAWAH ) – Panen perdana padi hayati dengan pengaplikasian “ PUPUK CENDANA”, di Parit Bilal Desa Jungkat Kecamatan Siantan Kabupaten Mempawah Kalbar, Rabu ( 21/3/2018).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat  Siantan  Drs. Iskandar, Pembina Petani sekaligus Formulator Pupuk Hayati CENDANA Prof. Budhihardjo, Babinsa Jungkat, Toko Masyarkat  serta Daeng Badrun  Distributor  Pupuk Cendana  CV.Cahaya  Agrotama dan San Tomy selaku Agen Pupuk Cendana.

Prof. Budhihardjo sebagai femulator pupuk cendana mengatakan untuk pemakai puput cendana khususnya di Kalbar  seperti, Sanggau, Sambas. Sedangkan untuk saat ini di Kabupaten Mempawah di desa Jungkat Parit Bilal salah satu lahan pertanian telah menggunakan papuk cendana.

Munurutnya, adapun keunggulan pupuk cendana utamanya adalah penyuburan tanah dan pembenahan tanah untuk disuburkan dan pemberi nutrisi pada tanah tersebut.

Tanah subur,  jadi  tanaman ikut subur.  Intinya disamping nutrisi tanah dan penyubur  tanah.  Jadi kegunaan pupuk Cendana bukan hanya untuk tanaman lain dan padi tapi untuk ternak juga dapat digunakan.  Artinya, penggunaan pupuk ini lebih aman dan jika tanah sehat  tanaman tidak mudah kena penyakit, ujar Dia.

Selain itu keunggulan lain kata Prof Budhi, dalam penggunaan Pupuk Cendana ini hasil pertanian yang memakai Pupuk Organik Cendana Murni sehat dan halal. Pemeliharaan Penanaman dangan biaya murah menggunakan sistim tabela.

Lanjutnya, pupuk Organik ini diproses secara microbiologi melalui proses fermentasi, sehingga mengandung senyawa bioaktif (asam amino, enzim, vitamin dan slow realist agen microba pengurai, penambat N, pelarut fosfat dan penghasil fitohormon), pengganti pupuk dasar, memperbaiki dan menstabilkan struktur tanah, mempercepat keluarnya akar bagi tanaman muda (bibit), membantu tanaman menyerap unsur hara, menekan dan mencegah serangan hama dan penyakit, mempercepat kematangan buah dengan warna seragam.

Keunggulan Pupuk  Hayati  Cendana diperkaya asam humat yang berguna untuk – Meningkatkan penyerapan nutrisi membantu dalam menggemburkan tanah memperbaiki struktur, pembentukan, respirasi dan pengembangan akar meningkatkan aktifitas mikroba Meningkatkan perkecambahan biji, Meningkatkan hasil, Mengurangi endapan I residu pupuk kimia, Meningkatkan pengikatan air meningkatkan aktivitas antioksi dan Merangsang enzim tanaman dan Mencegah penyakitan stres panas Meningkatkan kesuburan tanah.

Berbagai jenis tanaman, Slada, Sledri Kol, wortel, Bawang Merah,Putih KentanMeion, Semangka Cabai Jagung, Ketela Pohon, Sawit, Karet Kopi, Teh, Buah Naga dan Padi sangat baik menggunakan pupuk Cendana tersebut, jelas Prof Budhi.

Rencananya dalam waktu dekat “ Pupuk Cendana “ akan diproduksi di Kalimantan Barat, dengan tujuan agar harga lebih murah, ungkap Prof. Budhihardjo yang di dampingi Distributor  Kalbar  Daeng Badrun.

Ditempat yang sama Daeng Badrun mengatakan, bahwa bukti percontohan ini kami adakan di beberapa Kabupaten di Provinsi Kalbar.  Seperti  di desa Jungkat  Kecamatan Siantan. Kami mengadakan percontohan ini untuk merubah menset para petani kita bagaimana menghasilkan buah-buahan yang sehat dengan tidak menggunakan bahan-bahan yg mengandung unsur kimia, jelasnya yang dibenarkan San Tomi.

Pupuk NKcL adalah Pupuk Organik  majemuk dengan kandungan unsur K20 dan N yang sangat dominan dan berfungsi  untuk meningkatkan produksi hasil tanaman pertanian dan perkebunan.

Pupuk NkcL CENDANA juga  didukung oleh unsur hara lain seperti (CL, MgO, Gao, S, Silika Organik) sehingga tanah akan diperkaya bahan organik yang berguna untuk memecu kegiatan microba yang akan berdampak positif  pada tanah sehingga terjaga kesuburannya.

Fungsi unsur-unsur pupuk yang perlu diketahui yang ada pada PUPUK NKGL CENDANA untuk aplikasi yang tepat dan efisien serta Penggunaan pupuk yang berimbang. Pupuk Mudah terserap oleh tanah sehingga kebutuhan tanaman mencukupi, Memacu pertumbuhan dan meningkatkan produktifitas tanaman, Meniadikan biii lebh berisis, dan lebih manis, pembungaan serempak,  Meningkatkan resistensi tanaman terhadap penyakit,  Mempercepat proses terjadinya bunga dan buah serta mengurangi kerontokan, Memperbaiki sifat tanah agar lebih terjaga kesuburannya, Merangsang pertumbuhan akar sehingga memperkuat tegaknya batang, Meningkatkan kualitas biji dan buah, Menambah daya tahan terhadap hama dan penyakit./*

Publish : Udin Subari  / POSTKOTAPONTIANAK.COM

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *