Nusantara Expo Sedot Pengusaha Lokal Bangkit Hadapi MEA

Reporter : Devi Lahendra
PONTIANAK   ! POSTKOTAPONTIANAK.COM — Tahun 2016 ini menjadi tahun ke 15 pelaksanaan kegiatan Nusantara Expo yang digelar di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, dengan menampilkan berbabagi produk unggulan dari setiap daerah di seluruh Indonesia.

Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Drs. Christiandy Sanjaya, SE. MM, Melakukan Peninjauan Nusantara Expo di Pontianak. / foto : Devi L/Postkotapontianak.com
Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Drs. Christiandy Sanjaya, SE. MM, Melakukan Peninjauan Nusantara Expo di Pontianak. / foto : Devi L/Postkotapontianak.com

Dibuka oleh Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Drs. Christiandy Sanjaya, SE, MM, Nusantara Expo yang berlangsung mulai tanggal 29 April sampai 3 Mei 2016, diharapkan nantinya akan membangkitkan para pelaku usaha lokal untuk mampu bersaing dengan produk luar, terutama dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

“saya rasa ini patut kita apresiasi karena kegiatan ini sudah dilaksanakan sampai 15 tahun berjalan. Dan saya juga yakin dari kegiatan ini nantinya para pelaku usaha kecil, koperasi maupun UKM dapat bangkit untuk memperkenalkan produk yang dihasilkan sehingga mampu tembus ke pasar luar negeri, ” ucap Christiandy, pada sejumlah wartawan, Jumat (29/4/16) di Pontianak.

Menurut Christiandy, saat ini pemerintah sudah membuka lebar peluang usaha untuk para pengrajin kecil, koperasi maupun UKM yang ada di daerah agar dapat membukan peluang usaha yang lebih maju dan mampu menjadi pelaku usaha di era MEA yang sebentar lagi akan diberlakukan.

“Jadi untuk akses modal para pengusaha kecil saya rasa untuk saat ini sudah tidak begitu sulit untuk didapatkan, karena sudah berbagai macam program pinjaman modal kucurkan oleh pemerintah agar dapat membantu modal bagi mereka pelaku usaha kecil, ”  terangnya.

Senada dengan Wakil Gubernur Kalbar,  Asisten Deputi Bidang  Permodalan Kementerian Koperasi dan UKM RI, Luhur pradjarto menilai pameran Nusantara Expo 2016 merupakan wahana untuk mengangkat produk daerah yang ada diseluruh nusantara.

“Ya, pameran ini sangat berpotensi untuk mengakat para usaha kecil yang nantinya bisa bersaing degan produk luar, ” kata Luhur.

Dipilihnya Kota Pontianak untuk pameran Nusantara Expo, lanjut Luhur mengatakan  sangat tepat, mengingat Pontianak ibukota Provinsi Kalimantan Barat yang merupakan salah satu provinsi yang berbatasan langsung  degan negara tetangga Malaysia.

“Jelas keterkaitan antara pameran ini dengan kunjungan para wisatawan dari Malaysia akan memberikan dampak yang positif, karena Kalbar berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia. Dan dengan adanya pameran ini para usaha kecil, UKM dan koperasi dapat bangkit dan mampu bersaing untuk tembus pangsa pasar luar negeri, ” tukasnya./*

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *