Muamalat Salurkan Dana Rp89 Miliar untuk Petani Plasma di Kalimantan Barat

Penandatanganan PKS Pembiayaan dengan Enam Koperasi

Pontianak, 28 November 2016 – Sebagai bentuk dukungan Bank Muamalat (“Bank Muamalat Indonesia”)  terhadap industri kelapa sawit di Indonesia, khususnya terhadap petani plasma kelapa sawit,  Bank Muamalat memberikan pembiayaan syariahperkebunan kelapa sawit plasma kepada enam koperasi binaan perusahaan yangtersebar di Kabupaten Kubu Raya dan Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Penyaluran dana ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) pembiayaan syariah dengan plasma di bawah naungan enam koperasi, yang berlangsung hari ini (28/11) di Pontianak, Kalimantan Barat. Pembiayaan tersebut menggunakan skema murabahah investasi financing dengan total plafon Rp. 89,1 Miliar, mencakupi pembiayaan pembangunan dan pemeliharaan lanjutan dari kebun kelapa sawit milik enam koperasi seluas 1.576,32 Ha.

Penandatanganan PKS ini merupakan komitmen Bank Muamalat untuk mendukung peningkatan kualitas di sektor industri kelapa sawit sebagai peluang pertumbuhan perekonomian di Nusantara. Direktur Bisnis Korporasi Bank Muamalat Indra Y. Sugiartomengatakan Indonesia memiliki potensi besar dalam hal produksi kelapa sawit, terutama di daerah Kalimantan Barat.

Potensi pembiayaan dalam industri ini masih sangat luas dengan beragam pembiayaan yang dapat diberikan mulai dari hulu sampai dengan hilir, seperti pembiayaan kebun, CPO mill, pemasok pupuk (secara value chain), kontraktor kebun, kernel crushing plant(KCP), petani plasma, maupun industri turunannya seperti minyak goreng, margarin, sabun, dan industri lainnya.

Untuk itu, “Bank Muamalat optimis dengan dilakukannya kerjasama pembiayaan ini dapat menjadi salah satu  langkah tepat untuk mendukung tumbuh kembangnya potensi dan kualitas industri kelapa sawit nasional, tidak hanya bagi pasar dalam negeri, melainkan juga bagi pasar mancanegara,” tambah Indra./sp/BM  // foto : BM/istimewa//

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *