Misteri 158,45Ha, Yang di Gusur PT.Agro Sukses Lestari Tahun 2007 Dipertanyakan Warga

POSTKOTAPONTIANAK.COM

( SINTANG ) – PT.Agro Sukses Lestari yang ada di Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang Group Gunas diduga menggelapkan lahan masyarakat Dusun Gading Desa Nanga Lebang, dari lahan yang diserahkan secara Global Tahun 2007 seluas 759,75Hektar.

Namun setelah di Konversi data yang dikeluarkan Koperasi Mitra Kapuas didapati hasil sebagai berikut:
A.Dari 6 KK, 1KK Petani Plasma mendapat pembagian sebesar 12,6625Ha= 75,975Ha
B.1 KK telah mendapat BA ganti rugi putus dengan luas lahan An Budin =5,325Ha
C.dari 26 KK, 1KK petani mendapat pembagian 20Ha =520Ha Sehingga Jumlah Total 601,3Ha, diketahui masih selisih atau hilang sekitar 158,45Ha.

Menurut Warga setempat Andika Budin (48th) pihaknya sudah menyurati pihak PT.ASL sekitar dua bulan yang lalu namun belum ada tindak tanduk serta reaksi untuk mediasi dari pihak perusahaan.

Saat menyurati tersebut juga diberi tembusan ke pihak Kecamatan , DPRD Sintang dan Bupati Kabupaten Sintang, dan Ketua TP3K Kabupaten Sintang.

Melihat tidak ada respon dari pihak perusahaan dan Pemerintah, maka pada Tanggal 5 Juni 2017 warga mendatangi kantor Central PT.ASL Timur yang ada di Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang Provinsi Kalimantan Barat, guna menemui salah satu Humas Perusahaan sebut saja Lalau,ketika ditanya tindak tanduk Surat sekitar dua bulan yang lalu disampaikan ke pihak perusahaan, pihaknya mengatakan tidak mengetahui surat tersebut, yang berujung dengan pemasangan portal di lokasi jalan menuju pabrik PT.ASL.

Beberapa jam kemudian datang juga humas lain, sebut saja Urayanto mempertanyakan alasan warga melakukan pemasangan portal dijalan menuju pabrik, sehingga disampaikan warga kondisi yang menjadi persoalan, dan portal dibuka kembali sore hari tersebut dengan perjanjian akan diadakan mediasi atau gelar perkara pada Senin, 12 Juni 2017 di kantor Perusahaan PT.ASL Timur yang akan dihadiri, Warga yang dirugikan, Pihak Kecamatan,Pihak Perusahaan yang diharapkan bisa menjadi titik penyelesaian persoalan tersebut.

(Vi / Wartajurnalis.com)

Foto Masyarakat Dusun Gading Desa Nanga Lebang Saat Masangan Portal di Lokasi Jalan Menuju Pabrik PT.ASL / WRT / POSTKOTAPONTIANAK

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *