Minyak Kelapa Sawit, Primadona Dunia

POSTKOTAPONTIANAK.COM – Minyak kelapa sawit menjadi primadona didunia. 85-90 persen kebutuhan Minyak Kelapa Sawit didunia di produksi oleh Indonesia dan Malaysia.

CPO atau Crude Palm Oil ini pun banyak ditanam di kabupaten Sekadau. Setidaknya ada 6 perusahaan yang memproduksi CPO di Sekadau. Sebut saja PT TBSM, MJP, SML, LG, KSP dan GUM.

Demikian disampaikan kadis Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sekadau, Drs Hironimus pada postkotapontianak.com diruang kerjanya baru-baru ini.

Untuk mengantisipasi dan menekan biaya transfortasi dimusim kemarau maka dibuatlah tangki timbun. Pada saat musim kemarau CPO dimasukan ke tangki timbun tersebut. Bila musim hujan CPO diangkut via sungai.

Seperti diketahui produk produk yang bisa dihasilkan dari CPO ini sangat banyak. Diantaranya minyak goreng, sabun, kosmetik dan lain lain.

Kadis Perindustrian dan Perdagangan Sekadau yang mempunyai 4 orang putra ini menambahkan bahwa pihaknya akan segera membangun kawasan industri. Perda kawasan industri ini pun sudah disiapkan bahkan pihaknya sidah maki daerah daerah yang cocok.” Mudah mudahan tahun depan sudah bisa direalisasikan,” katanya menjelaskan.

Selama ini CPO dibawa ke Luar Negeri untuk diproses lebih lanjut. Dengan Kawasan Industri nanti diharapkan banyak produk baru turunan CPO yang diproduksi di Sekadau.

Dengan demikian akan banyak menyerap tenaga kerja baru. Dan perekonomian Kabupaten Sekadau akan menggeliat. Sehingga kesejahteraan akan meningkat.(Tri)  // Drs. Hironimus.(tr) //

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *