Milton:”Minta Agar Sintang Ada Gudang Pupuk”

Monday, 26 January 2015 08:52

BUMI SENENTANG ! POSTKOTAPONTIANAK.COM-Senin, 26 Januari 2015 Bupati Sintang Dr.Milton Crosby,M.Si

Bupati Sintang Milyon Crosby foto bersama./ms
Bupati Sintang Milyon Crosby foto bersama./ms

menerima Direktur Dirjen Mutu dan Standardisasi Direktorat Kementrian Pertanian Dr.Ir.Gardjita Budi,M.Agr,St dirumah Dinasnya.

Dalam kesempatan tersebut rombongan dari Dirjen ditemani Kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sintang Ir.Arbudin,M.Si membicarakan program pembangunan yang ada di Kabupaten Sintang, terkait komoditi serta alat penunjang pertanian.

Dalam kesempatan tersebut Milton Crosby menjelaskan, Sintang yang memiliki Sumber Daya Alam yang melimpah, dan subur cocok untuk Padi, Karet, Sawit, Kopi dan Lada, namun yang menjadi kendala saat ini suplai pupuk menurtnya masih minim.

Ia meminta agar kedepannya Sintang bisa ada Gudang Pupuk, yang bisa memenuhi kebutuhan petani, yang ada di Bumi Senentang tersebut. Menurutnya, saat ini hasil perkebunan dari Indonesia khususnya daerah perbatasan, banyak dijual ke Luar Negeri, yang akibatnya hasil olahan dari luar Negeri tersebut masuk lagi ke Indonesia dengan Brand  Malaysia, padahal sebenarnya itu bahan bakunya dari kita,”ujarnya.

Sementara menurut Gardjita, tujuan dari pihaknya meningkatkan produksi padi dan irigsi, dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, alat-alat mesin traktor roda dua dan pupuk, untuk APBN sekarang 15 Traktor roda 2 pompa air ada 7, dan pupuk untuk kabupaten Sintang

Perbaikan irigasi selain dari APBN juga kita berharap agar Pemerintah Daerah bisa menggertak DPRD, supaya bisa meningkatkan pembangunan yang akibatnya peningkatan perekonomian warganya.

Menurutnya, untuk beras, paska panen harganya tidak masalah, program upaya khusus peningkatan produksi padi di Sintang, dan memang sampai saat ini Varietas Ciherang produksi terbaik dan bisa diterima di lidah orang Indonesia,”ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sintang Ir.Arbudin,M.Si mengatakan, dengan masuknya anggaran dan bantuan alat berat dari APBN tersebut pekerjaan di Dinas Pertanian bisa terakomodir, meski belum terakomodir semua, itu sudah cukup membantu petani yang ada. Ia juga berharap kedepan bantuan tersebut, bisa terus dilakukan sehingga Sintang bisa mencapai swasembada pangan,”ujarnya.(WARTAJURNALIS)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *