Merasa di Bohongi Soal Usulan PLN

“ Pihak Desa sudah pernah datang langsung ke PLN Kalbar di Pontianak, tapi hingga saat ini listrik yang diharapkan tak ada kabar. Bahkan Warga Segori Dusun Kedomba Desa Gonis Tekam, Ancam Boikot PBB ” 

Agustinus staf Desa Gonis Tekam./ foto :mus-PKP
Agustinus staf Desa Gonis Tekam./ foto :mus-PKP

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! SEKADAU-Pemerintah selalu menghimbau agar seluruh masyarakat yang menjadi wajib pajak agar tak luput melunasi kewajibannya sebagai warga negara untuk membayar pajak, baik pajak SPT orang pribadi, pajak bumi dan bangunan, dan pajak jenis lainnya.

Kewajiban membayar pajak sejauh ini relatif membaik. Namun, masyarakat Dusun Segori dan Dusun Kedomba, Desa Gonis Tekam Kabupaten Sekadau, mengancam tak mau bayar PBB. Tentu mereka punya alasannya lain.

Jumlah kepala keluarga di Dusun Segori dan Kedomba lebih kurang 389 KK, rata-rata penduduk dua dusun ini bermata pencarian sebagai petani padi dan perkebunan kelapa sawit.

Jumlah PBB yang dipungut Pemdes setempat pada tahun terakhir berjumlah lebih kurang Rp. 26 juta. Nilai yang tidak sedikit tentunya untuk pemasukan negara.

Namun, keengganan masyarakat di dua dusun ini untuk membayar PBB karena mereka merasa terus-menerus dibohongi. Untuk diketahui, warga dua dusun sangat mendambakan aliran listrik dari PLN. Saking berkeinginan punya listrik, warga bersedia memenuhi segala persyaratan, termasuk urusan biaya.

Lokasi kedua dusun ini pun tak begitu jauh dari gardu terakhir milik PLN. Di Desa Gonis Tekam, hanya dua dusun ini yang belum terelektrifikasi. Namun, sampai detik ini juga rumah-rumah warga masih gelap.

Bagi yang ekonominya cukup mungkin mampu membeli generator set, tapi tidak dengan warga lain yang ekonominya pas-pasan. Mau tak mau, lampu minyak jadi tumpuan selama puluhan tahun.

Sejatinya, sejak tahun 2013 lalu sempat berhembus angin segar. Kala itu, ada kabar yang menyebutkan PLN akan segera mengaliri listrik di dua wilayah itu. Namun apa, lanjutnya Warga harus gigit jari. Sampai sekarang, jangankan penerangan listrik, tiangnya pun tak ada.

“ Warga selama ini sering bertanya kepada kami, kapan PLN akan masuk. Di Engkersik dan Seransa saja sudah masuk. Padahal jarak Engkersik dengan Segori hanya kurang lebih 3 kilometer. Sedangkan dari Seransa Kedomba hanya  5 kilometer. Tapi kok di dua wilayah ini tidak bisa masuk listrik,” keluh Agustinus, pemuda Segori yang juga staf Desa Gonis Tekam, (25/3/2015).

Usulan kepada PLN pun sudah berkali-kali, baik lewat proposal maupun secara verbal. Pemerintah Desa Gonis Tekam pada awal 2012 telah melayangkan proposal lengkap dengan rekomendasi Camat dan Bupati.
“ Namun kenyataannya sampai saat ini belum ada tanda-tanda PLN akan masuk ke dusun Segori dan Kedomba. Bahkan, pemerintah desa juga pernah datang langsung ke PLN wilayah Kalimantan Barat di Pontianak untuk menguatkan usulan,” ungkap Agus.

Soal ultimatum memboikot PBB, menurut Agus itu merupakan bentuk kekesalan warga yang merasa selalu dibohongi. Namun, bukan berarti warga tidak taat pajak ataupun tak ngerti hukum.
“ Masyarakat kami sadar akan hukum kok. Kami mengerti membayar pajak itu adalah kewajiban sebagai warga negara untuk membangunkan negara ini . Namun, kalau pajak bayar terus tapi keinginan masyarakat tak dipenuhi ya untuk apa juga. Dimana keadilan dan kebijaksanaan itu,” cetusnya. /mus/yhy

One thought on “Merasa di Bohongi Soal Usulan PLN

  1. Kami atas nama perusahaan pt sumber energi perkasa mencari lokasi yg belum tersetukan listerik pln, jika ada dera yg mengikan listerik kami bersedia untuk menbantu menbagungun listerik persebut,
    Seperti yang yang ada di dera jawa timur riau dan sulawesi selatan yg terpencil.jika pemerintahan bersedia mendukunkun kami sepenuhnya untuk menbagunun dengan sistem otoda, dan kerja sama pemerintaha kecamatan desa dan di dukukun oleh masarakat,
    Kenapa pemerintahan daera terus harus mengeluh dan meminta keihak pln, pln juga menharapkan pembagunan pembangkit dari suwastan, jika ada daera berkeinginan kami siap melakukan servai lokasi, jika ada aliran anak sunfai yang dapat di bendung maka kami dapat menbentuk anak sungai tersebut menjadi bendungan waduk pembangkit listerik pltmh 1 s/d 5 mw, silakan hb kami di nomor ini, 081214091313,
    Pin bb, 58765CE6.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *