Menumbuhkan Jiwa Semangat Bahari, Lantamal XII Gelar Kegiatan BJRB TNI AL Tahun 2016

KUBU RAYA ! POSTKOTAPONTIANAK.COM – Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) XII Pontianak Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI (Mar) M. Hari diwakili Wadan Lantamal XII Kolonel Marinir Andi Rukman membuka acara kegiatan Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) TNI AL tahun 2016 di Sekolah Usaha Perikanan Menengah Negeri (SUPMN) Pontianak, jalan Pembangunan Nipah Kuning. Kamis pagi (2/6).

Wadan Lantamal Kolonel Marinir Andi Rukman membacakan sambutan Danlantamal XII bahwa program BJRB ini merupakan program tahunan TNI AL sebagai manifestasi peran aktif TNI AL dalam upaya menumbuh kembangkan jiwa dan semangat bahari generasi muda yang kreatif, inovatif, dinamis, dan berwawasan maritim.

Kegiatan tersebut, dirasa sangat tepat dan relevan dengan diselenggarakan kegiatan ini sebagai salah satu upaya antisipatif di tengah situasi perkembangan lingkungan strategis terutama dampak negatif globalisasi yaitu maraknya narkoba, perkelahian pelajar, pengaruh teknologi informasi sehingga sangat mudah mengakses situs-situs pornografi, serta pengaruh paham dan aliran yang menyesatkan.

Kegiatan BJRB digelar selama tiga hari sejak tanggal 2 sampai dengan 4 Juni 2016 dengan melibatkan 100 siswa terdiri dari 50 siswa SMKN 9 Pelayaran dan 50 siswa SUMPN Pontianak dengan materi-materi pelajaran yang menarik telah disiapkan oleh penyelenggara, termasuk kegiatan bintal rohani, bintal Ideologi, bintal juang, pengenalan olahraga air, penjelasan tentang kenakalan remaja dan pengenalan bahaya narkoba penyuluhan hukum, melaksanakan peraturan baris berbaris serta joy sailing berlayar dengan menggunakan kapal perang TNI AL di perairan Kalimantan Barat sehingga dapat memaknai substansi nilai-nilai bahari secara lebih aktual.

Selanjutnya, melalui kegiatan BJRB ini diharapkan dapat membentuk karakter generasi muda sebagai penerus bangsa dengan berilmu, takwa dan akhlak yang tinggi, menanamkan jiwa nasionalisme, menumbuhkan jiwa bahari dan sikap mental patriotik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, menanamkan disiplin dan kebersamaan, dan jiwa pekerja keras dalam memajukan bangsa dan negara Indonesia.

Lebih lanjut, bangsa Indonesia secara aspek geostrategi adalah bangsa bahari, yakni bangsa yang sadar akan jati dirinya sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dengan dua per tiga wilayahnya merupakan lautan, sehingga hidup dan masa depan rakyatnya bergantung pada laut yang merupakan modal dasar pembangunan terbesar yang telah diberikan oleh Tuhan kepada bangsa Indonesia.

hal ini selaras dan seirama dengan program Presiden RI Joko Widodo yaitu Indonesia sebagai poros maritim dunia, dimana nilai-nilai wawasan nusantara mendasari aktualisasi pembangunan bangsa, dan menempatkan pembangunan kelautan secara proporsional dalam tataran pembangunan secara menyeluruh.           .

Turut hadir dalam Pembukaan BJRB tersebut, para Asisten Danlantamal XII dan para Kasatker Lantamal XII, Perwira, Bintara, Tamtama PNS Lantamal XII serta para guru pendamping./DV/PKP

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *