Mempawah Dikepung Banjir

Pemukiman warga di Dusun Suap Desa Pasir sudah terendam banjir./ leo.A/PKP
Pemukiman warga di Dusun Suap Desa Pasir sudah terendam banjir./ leo.A/PKP

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! MEMPAWAH. Beberapa wilayah di Kabupaten Mempawah sudah terendam banjir. Ketinggian air mencapai dada orang dewasa. Sejumlah daerah yang dikepung banjir seperti Kecamatan Toho, Sadaniang hingga Mempawah Hilir. Sedikitnya puluhan rumah sudah ditenggelamkan banjir.

Dari berbagai informasi yang dihimpun, saat ini wilayah yang cukup parah terendam banjir berada di Kecamatan Sadaniang dan Toho. Banjir yang menggenangi wilayah itu bukan hanya berasal dari intensitas hujan yang tinggi, melainkan banjir kiriman dari daerah Karangan, Kabupaten Landak. Ketinggian air di dua kecamatan itu kabarnya sudah mencapai dada orang dewasa.

Sementara itu, banjir juga mulai menggenangi Dusun Suap, Desa Pasir, Kecamatan Mempawah Hilir. Volume air mulai menenggelamkan pekarangan rumah dan jalan-jalan desa. Menurut sejumlah warga, diperkirakan ketinggian air akan terus bertambah dalam beberapa hari kedepan.

“Sudah ada puluhan rumah yang mulai kebanjiran. Saat ini, warga masih bertahan didalam rumah sambil mengemasi barang-barang. Kita lihat dulu perkembangan besok lusa, jika memang banjir semakin meninggi kemungkinan warga akan mengungsi,” tutur Bachtiar, warga Desa Pasir.

Sama halnya dengan Kecamatan Sadaniang dan Toho, banjir yang menerjang kawasan itu bukan hanya berasal dari air hujan, tetapi kiriman dari Karangan. Apalagi, beberapa hari belakangan ini intensitas hujan yang mengguyur Kota Mempawah cukup tinggi.

“Kalau hujan terus menerus seperti  ini, kemungkinan besok akan semakin banyak rumah yang tenggelam. Banjir akan meluas hingga beberapa Rt dan dusun di Desa Pasir ini,” lirihnya.(leo/din-pkp)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *