Masuk Kalbar Petrokimia Gresik Gandeng Kodam XII Tanjungpura

Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Andika Perkasa, SE, M.A, M.Sc, M.Phil, Ph.D./ devi
Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Andika Perkasa, SE, M.A, M.Sc, M.Phil, Ph.D./ devi

PONTIANAK   ! POSTKOTAPONTIANAK.COM — Merambah pangsa pasar pupuk non subsidi di zona Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah, PT. Petrokimia Gresik menggandeng  Kodam XII Tanjungpura melalui Pusat Koperasi Jasa Kartika Tanjungpura (Puskopad) guna memberikan jaminan pupuk non subsidi yang berkualitas sampai langsung ke tangan para petani.

Tak ayal kerjasama yang dibangun bersama dituangkan dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), yang menandakan dimulainya kerja besar untuk membangun sektor pertanian di Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

“Ini langkah baik yang ditawarkan Petrokimia untuk lebih memperkenalkan produknya di Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Dalam hal ini Kodam XII Tanjungpura sebagai institusi yang terlibat langsung membangun sektor pertanian melalui program cetak sawah, sangat menyambut baik masuknya pupuk non subsidi Petrokimia diwilayah kita ini, ” kata Pangdam XII Tanjungpura, Mayjen TNI Andika Perkasa, saat menggelar pers confence diruang kerjanya, Jumat (30/9/16).

Menurut Andika, kerjasama yang dibangun dengan Petrokimia menjadi salah satu bentuk wujud nyata membatu pemerintah dalam memberikan ketersediaan kebutuhan pupuk dengan harga yang cukup bersaing dipasaran.

“Dengan kehadiran Petrokimia disini tentu memberikan solusi untuk industri perkebunan di Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Namun kita meminta harga yang ditawarkan bisa serendah mungkin dan Petrokimia harus bisa menekan angka yang terjangkau bagi petani. Untuk pendistribusian pupuk kami siap ambil alih untuk mengawal keamanannya, jika kami memang diminta untuk mengawal. Terutama di titik-titik yang mungkin dianggap rawan dalam pendistribusian, ” tegas Andika.

Ditempat yang sama, Direktur Umum Petrokimia Gresik, Nugroho Christijanto mengatakan bahwa pihaknya sedang melakukan perluasan pasar di wilayah potensial seperti Kalimantan. Dengan menghadirkan pupuk NPK Kebomas yang merupakan pupuk majemuk mengandung unsur hara lengkap dan sangat tepat digunakan untuk wilayah Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

“Untuk itu kami sebagai salah satu produsen pupuk di Indonesia merasa terpanggil dan memiliki tanggungjawab untuk bisa menyalurkan pupuk sampai ke seluruh Indonesia. Dalam hal ini kami memiliki berbagai macam jenis pupuk yang dapat dimanfaatkan bagi para petani. Karena kami memiliki keyakinan dengan konsumen yang semakin percaya dengan produksi pupuk kami, maka ke depan kita akan memperbanyak produksi pupuk dengan berbagai jenis, ” jelas Nugroho.

Lebih jauh Nugroho mengatakan kehadiran Petrokimia di Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah dengan membawa produk pupuk NPK Kebomas yang merupakan pupuk majemuk dengan kandungan unsur hara nitrogen, fosfor serta kalium, jelas memberikan langkah baru bagi petani untuk meningkatkan hasil produksi pertanian.

“Oleh karena itu kami menjalin kerjasama dengan Kodam XII Tanjungpura untuk menantang jawaban akan kebutuhan pupuk di Kalbar dan Kalteng. Dengan hadirnya NPK Kebomas secara langsung memberikan solusi bagi petani sesuai dengan kebutuhan konsumen untuk kebutuhan pupuk non subsidi, ” tukasnya.*/(dev)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *