Masuk Bulan Ramadhan, Pemkab Atur Ulang Jam Kerja PNS

 

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! SINTANG-Bulan suci ramadhan 1436 Hijriah yang jatuh pada hari Kamis, 18 Juni 2015. Guna memberikan keleluasaan bagi Pegawai Negeri Sipil yang menjalankan ibadah puasa, Pemerintah Kabupaten Sintang mengatur ulang jam kerja selama bulan suci ramadhan 1436 hijriah.

Berdasarkan pengumuman Bupati Sintang Nomor: 452/1684/BKD-D tanggal 15 Juni 2015, Bupati Sintang Drs. Milton Crosby, M. Si menyampaikan bahwa pada hari Senin-Kamis, seluruh PNS masuk pada pukul 08.00-15.00 dan ada jam istirahat yakni pukul 12.00-12.30 WIB. Pada hari biasa atau bukan bulan suci ramadhan, hari Senin-Kamis, PNS masuk pada pukul 07.15-15.15 WIB dan ada waktu istirahat yakni pukul 12.00-13.30 WIB.

Sedangkan khusus hari Jumat pada bulan  suci ramadhan 1436 Hijriah ini, Pemkab Sintang mengubah jam kerja menjadi masuk kerja pada pukul 08.00-15.30 WIB dan ada waktu istirahat dan menjalankan sholat jumat mulai pukul 11.30-12.30 WIB.

Dalam pengumuman tersebut, apel senin pagi dan siang serta jumat sore, seluruh SKPD agar tetap menjalankan apel di masing-masing SKPD. Namun, untuk seluruh kegiatan olahraga selama bulan suci ramadhan ditiadakan.

Setelah berakhirnya pelaksanaan ibadah puasa pada bulan suci ramadhan 1436 Hijriah, jam kerja di lingkungan pemerintah kabupaten Sintang kembali seperti biasa. Bagi instansi vertikal dan BUMN/BUMD yang berada di Kabupaten Sintang dapat menyesuaikan sepanjang tidak diatur tersendiri oleh instansi induk masing-masing.

Bagi unit organisasi yang bertugas memberikan layanan langsung kepada masyarakat seperti rumah sakit, unit pemadam kebakaran dan pelayanan masyarakat lainnya, agar pimpinan organisasi bersangkutan agar mengatur pelaksanaan jam kerjanya sehingga pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan dengan baik. Pimpinan SKPD juga wajib menyampaikan laporan absensi setelah pelaksanaan ibadah puasa selesai, selambat-lambatnya 10 hari setelah hari raya Idul Fitri 1436 Hijriah.

Bagi PNS yang tidak melaksanakan ibadah puasa agar dapat menghormati dan toleransi kepada umat muslim yang melaksanakan ibadah puasa. Pengumuman Bupati Sintang tersebut menindaklanjuti surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 04 Tahun 2015 tanggal 29 Mei 2015 tentang penetapan jam kerja aparatur sipil negeri, TNI, Polri pada bulan suci ramadhan 1436 Hijriah.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Sintang, Kurniawan menjelaskan terkait dengan pengumuman tersebut, agar masyarakat Kabupaten Sintang bisa menyesuaikan jika akan berurusan dengan SKPD atau tempat pelayanan lainnya selama bulan suci ramadhan ini. “karena ada perubahan jam kerja, yang biasanya jam 07.15 PNS sudah ada di kantor masing-masing, maka selama bulan suci ramadhan ini jam 08.00 baru masuk kerja” jelas Kurniawan./infosatu.com/

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *