Manfa’atkan Fasilitas GPS : Dinas Pertanian Komitmen Tampilkan Data Akurat

NGABANG, POSTKOTAPONTIANAK.COM- Dalam hal kemajuan dunia pertanian khususnya pertanian di

 Tek foto, Vinsensius, S.Sos, MMA, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Landak. FOTO Ya’ Syahdan
Tek foto, Vinsensius, S.Sos, MMA, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Landak. FOTO Ya’ Syahdan

Kabupaten, hal yang pertama yang harus di persiapkan adalah akurasi data yang yang lengkap, seperti luasan areal pertanian yang dimiliki masyarakat, dimana lokasi dan apa saja aktivitas pertanian yang di lakukan, perlu data dan laporan yang lengkap. Untuk dapat menampilkan data tersebut setiap petugas pertanian, mulai dari gapoktan , penyuluh dan pegawai pertanian harus dapat mengusai alat yang disebut dengan Global Positioning Systim (GPS) , sehingga dengan alat ini bisa dapat mengetahui berapa luasan areal pertanian di Kabupaten Landak.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Landak, Vinsensius, S.Sos. MMA, (30/9), kepada Harian Borneo di Ngabang,  mengakui bahwa selama ini banyak data yang tidak pas, main kira-kira. “ Ini jelas tidak dapat membantu untuk dapat menentukan kebijakan pembangunan dunia pertanian, ” ucapnya.

Ia menerangkan, setelah menggunakan alat GPS, luas area pertanian di wilayah Kabupaten Landak yang tersebar di 13 Kecamatan, adalah seluas 72.000 hektar, yang dikelola secara tradisional adalah seluas 41.998 hektar, yang terbagi dari blok-blok, yang tersebar di 13 Kecamatan di Kabupaten Landak.

Vinsensius menegaskan, sekarang data tidak lagi main kira-kira, atau kurang lebih sekian. “ Kita harus memakai data yang akurat sesuai dengan kondisi dilapangan. Inilah kecanggihan alat GPS, dan tidak hanya luas areal pertanian yang bisa di ketahui, tapi juga aktivitas petani, seperti yang sedang menanam padi, atau sayur, juga bisa terbaca, ” tuturnya.

Seraya mengatakan berkenaan dengan kebutuhan untuk dapat menampilkan data yang akurat tersebut dilakukanlah pelatihan kepada petugas pertanian dan gapoktan untuk penggunaan GPS ini./ ya’dan

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *