Manfaat BPJS Ketenagakerjaan

Program BPJS Ketenagakerjaan./*
Program BPJS Ketenagakerjaan./*

Dalam Hidup, semua kemungkinan bisa terjadi. Hari ini Anda masih hidup, besok mungkin tidak lagi. Hari ini Anda masih dapat bekerja, mungkin besok tidak bisa melakukan apa-apa, baik karena sakit maupun cacat akibat kecelakaan di tempat kerja. Bukannya mau menakut-nakuti, namun tidak ada salahnya untuk mempersiapkan diri menghadapi kejadian yang tidak terduga. Salah satunya adalah dengan mendaftar untuk memiliki kartu anggota BPJS Ketenagakerjaan.

Apa saja manfaat yang bisa didapat dengan BPJS Ketenagakerjaan? Beberapa hal di bawah ini mungkin bisa jadi pertimbangan Anda untuk segera mendaftar di BPJS terdekat tanpa ragu-ragu lagi:

Dapat menjamin tenaga kerja yang ingin pindah haluan usaha

Anda ingin resign dari kantor untuk membuka bisnis rumahan sendiri? Anda sudah menemukan lahan lain untuk usaha sampingan, namun pemilik lahan yang Anda sewa menanyakan perihal kartu BPJS Anda? Dengan adanya bukti keanggotaan Anda di BPJS Ketenagakerjaan, kedibilitas Anda sebagai pengusaha yang memiliki tabungan cukup dan bertanggung jawab terlihat lebih meyakinkan. Apalagi bila Anda juga ingin melakukan dua hal di bawah ini:

  • Meminjam uang untuk kredit perumahan dengan suku bunga yang tidak terlalu memberatkan.
  • Meminjam uang untuk biaya renovasi rumah, juga dengan suka bunga yang tidak terlalu memberatkan.

Membantu mereka di masa pensiun yang masih ingin membuka usaha sendiri

Dengan adanya Jaminan Hari Tua (JHT), Anda tidak perlu khawatir akan kelabakan di saat pensiun. (Ini juga berlaku bagi mereka yang memutuskan untuk pensiun dini, baik karena ‘permintaan perusahaan’ maupun keputusan pribadi.) Apalagi bila Anda sudah punya rencana jangka panjang, yaitu mulai merintis usaha rumahan sendiri. Apalagi bila masa kerja sudah cukup lama, sehingga simpanan, tabungan JHT dari BPJS sudah mencukupi untuk memulai usaha sendiri.

Proses pencairan dana BPJS tidak sesulit yang dibayangkan

Pertama, ini yang harus Anda kumpulkan dulu sebelum mengajukan permintaan pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan:

  • Kartu asli BPJS Ketenagakerjaan Anda.
  • Fotokopi KTP atau SIM Anda.
  • Surat keterangan berupa pengunduran diri (resignation letter) atau surat pemutusan hubungan kerja (PHK) dari perusahaan yang bersangkutan.
  • Kartu Keluarga (KK), baik asli maupun fotokopi.

Program-program lain yang juga bermanfaat:

Berkat kartu BPJS Ketenagakerjaan yang Anda miliki, ini dia beberapa program lain yang juga bermanfaat:

  • Program beasiswa untuk anak bekerja atau karyawan yang tidak mampu, namun tertarik ingin melanjutkan kuliah (terutama bila bidang kuliah yang mau diambil terkait dengan pengembangan karir di perusahaan yang sama).
  • Beragam pelatihan, terutama dalam rangka untuk menurunkan risiko kecelakaan saat bekerja.

Hak tenaga kerja dilindungi bila masih tergabung dalam perusahaan, namun manajemen lalai dalam menunaikan kewajiban mereka terhadap tenaga kerja

Jangan takut bila sebagai tenaga kerja, Anda merasa hak Anda untuk memiliki BPJS Ketenagakerjaan tidak diberikan oleh perusahaan. Menurut E. Ilyas Lubis, Direktur Perluasan Kepesertaan dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Ketenagakerjaan, sanksi yang diberikan kepada pengusaha yang lalai bervariasi, tergantung seberapa parah kasusnya.

Mulai dari denda miliaran rupiah hingga hukuman penjara. Ada juga yang berupa pembekuan izin usaha, terutama karena telah mengacuhkan teguran dari BPJS Ketenagakerjaan sebanyak dua kali. Baca juga: KARTU BPJS DAN PASIEN UMUM DILAYANI, SESUAI SOP

Tapi, bila pengusaha cerdas dan tidak mau mengalami kesulitan, mereka pasti akan mau mengurus BPJS Ketenagakerjaan semua karyawan mereka. Lebih baik segera daripada menyesal kemudian, bisa dalam jangka panjang lagi.

Jadi, tunggu apa lagi? Segeralah mendaftar ke BPJS.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *