Mandi Pen Cun Ditepi Sungai Kapuas

Rico Tokoh Masyarakat Tionghoa Pontianak./ Hendr Wjs
Rico Tokoh Masyarakat Tionghoa Pontianak./ Hendr Wjs

PONTIANAK ! Tradisi Mandi di tengah hari di Sungai Kapuas di Kota Pontianak, Kalimantan Barat  pada Kamis, 9/6/2016. Ratusan warga dari etnis Tionghoa berbondong-bondong ke Sungai Kapuas untuk melakukan ritual mandi tengah hari atau Peh Cun.

Tradisi mandi tengah hari di antara warga dari etnis Thionghoa di Pontianak ini sudah berlangsung sejak puluhan tahun lalu. Setiap tahun, kegiatan ini dipusatkan di tepi Sungai Kapuas,

Menurut  Rico,  tradisi ini bagi masyarakat Tionghoa adalah  tradisi mandi Peh Cun dan makan bakcang. Kegiatan  ini digelar setiap tahun karena sudah menjadi tradisi, mandi tengah hari harus dilakukan antara pukul 10:00 WIB hingga pukul 13:00 WIB.

Tradisi mandi Peh Cun ini masih dalam satu rangkaian dengan tradisi makan besar atau Ko Ciat dalam bahasa Tionghoa dengan mandi-mandi.  Kepercayaan mandi Pen Cun dapat menghilangkan segala sifat buruk dan tabiat yang tidak baik, biar dihanyutkan mengikuti derasnya arus air mengalir, ujar Rico tokoh masyarakat Tionghoa.

,Katanya, festival bakcang ini untuk kedepan harus dikemas lebih baik lagi,  agar kegiatan ini sebagai salah satu daya tarik dan tujuan wisata. Sehingga, para wisatawan yang tertarik untuk menyaksikan festival tersebut, bisa leluasa dalam menikmati tradisi ini.

“Tradisi seperti ini tidak semua daerah di Indonesia yang melaksanakannya. Tentu ini menjadi daya tarik dan tujuan wisata, khususnya di Pontianak, sehingga pada tahun mendatang bisa di kemas lebih baik lagi dan bisa mendatangkan wisatawan, harap Rico./Hendri Wjs

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *