Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris UIN ar-Raniry Menjadi Relawan di Gampong Jawa, Banda Aceh

BANDA ACEH – Sejumlah relawan yang bernamakan English Teaching Volunteer dengan tema ‘Belajar Dimana saja, Dengan Siapa Saja’ mengajarkan bahasa Inggris kepada anak-anak pemulung di desa Gampong Jawa, Banda Aceh. Kegiatan kerelawanan tersebut berlangsung, Jumat hingga Minggu, 22-24 Desember 2017. Sekitar 70 anak terlibat dan ikut belajar bahasa Inggris, mereka dari berbagai kalangan usia dan jenjang pendidikan yang berbeda mulai dari belum sekolah, TK, SD dan SMP ikut belajar, mereka terlihat sangat antusias serta bersemangat mengikuti pelajaran, pembelajaran santai dan menyenangkan didukung dengan berbagai metode unik disajikan oleh para mahasiswa/i membuat mereka antusias mengikuti kegiatan yg berlangsung di sore hari selama 3 hari  tersebut. Kegiatan ini ditutup minggu malam dengan acara ‘nonton bersama’ dengan anak-anak desa Gampong Jawa.

English Teaching Volunteer sendiri merupakan aksi kerelawanan yg dilakukan oleh mahasiswa/i Pendidikan Bahasa inggris, UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Kegiatan positif ini mendapat apresiasi  dan dukungan dari masyarakat sekitar. Kegiatan kerelawanan ini berhasil dilaksanakan dengan bantuan dan kerjasama dari komunitas Taman Edukasi Pemulung, sebuah komunitas pengajaran untuk anak-anak pemulung yang sudah berusia 6 tahun, diketuai Oleh Maulidar, komunitas ini bergerak melakukan kegiatan belajar mengajar bagi anak-anak pemulung di Gampong Jawa.

Sekretaris Prodi Bahasa Inggris, Dr.Phill Saiful Akmal M.A turut andil mendampingi kegiatan ini, beliau mengapresiasi kegiatan kerelawan yang dilakukan oleh mahasiswa/i Pendidikan Bahasa Inggris dan berharap semoga kegiatan tersebut bisa dilaksanakan rutin setiap bulannya di Gampong Jawa ditambah lagi dengan antusiasme belajar anak-anak yang tinggi. Selain itu, Cut Husna selaku ketua panitia pelaksana English Teaching Volunteer menambahkan, semoga acara kerelawan ini menyadarkan teman-teman mahasiswa lainnya tidak hanya dari jurusan Pendidikan Bahasa Inggris tetapi juga dari jurusan dan komunitas lain untuk ikut menjadi relawan dan mengajar secara rutin bergantian di Desa Gampong Jawa. karena kegiatan ini sangat positif dan meningkatkan jiwa sosial mahasiswa/i.(Cut Husna).

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *