Lomba Desa Rawak Hilir Meriah

Wabup Apresiasi Kebersamaan warga Rawak Hilir

Wakil Bupati Rupinus, SH M.Si beserta rombongan disambut dengan prosesi adat suku Melayu dan Dayak yang ada di Kecamatan Sekadau Hulu./mus
Wakil Bupati Rupinus, SH M.Si beserta rombongan disambut dengan prosesi adat suku Melayu dan Dayak yang ada di Kecamatan Sekadau Hulu./mus

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! SEKADAU-Penilaian Lomba Desa Kabupaten Sekadau tahun 2015, kembali dilakukan Senin (6/4/2015). Kali ini, Wakil Bupati Rupinus,SH,M.Si beserta rombongan penilaian mengunjungi Desa Rawak Hilir Kecamatan Sekadau Hulu.

Wakil Bupati Rupinus, SH M.Si beserta rombongan disambut dengan prosesi adat suku Melayu dan Dayak yang ada di Kecamatan Sekadau Hulu. Kemeriahan acara dimulai dengan penampilan sejumlah hiburan dari berbagai sanggar seni yang ada di Desa Rawak Hilir dan Kecamatan Sekadau Hulu, mulai dari pencak silat, japin, tarian dan kondang.

Turut serta dalam kegiatan, Kepala kantor Kesbang Pol-Pemdes, Drs. Dwi Harsono ME, Kepala SKPD terkait, Ketua Komisi C DPRD Sekadau Drs. Paulus Subarno, Camat Sekadau Hulu, F. Yanson,S.Sos, Kapolsek IPTU Asep Wahyudi. Danramil Sekadau Hulu, Kades Rawak Hilir Abdul Azis, Perangkat Kecamatan dan Desa, serta Tokoh masyarakat dan Tokoh agama dan para pelajar B.

Kades Rawak Hilir, Abdul Azis dalam sambutanya mengatakan, Desa Rawak Hilir terpilih mewakili Kecamatan Sekadau Hulu dalam lomba Desa Tingkat Kabupaten Sekadau.

Jepin./mus
Jepin./mus

” Persiapan-persiapan sudah dilakukan jauh-jauh hari dan Desa Rawak Hilir bertekad menjadi juara dalam lomba Desa,” ungkap Azis.

Selain itu, Azis melaporkan, kepada Pemkab Sekadau, dimana kegiatan di prakarsai masyarakat Desa Rawak Hilir dan di komandoi pihak Desa dan BPD Desa.

” Tidak terlepas dukungan dari Muspika dan seluruh lapisan masyarakat kami,” sambungnya.

Sementara itu, Camat Sekadau Hulu F. Yanson,S.Sos  mengharapkan,  melalui lomba desa ini, dapat menjadi pemicu untuk peningkatan pelayanan oleh berbagai instansi dan pemerintahan Desa  tidak lepas dari peraturan dan undang-undang yang berlaku.

” Mengembangkan upaya positif Desa serta melibatkan diri secara langsung dalam pengarapan sawah yang merupakan potensi sumber daya alam Desa Rawak Hilir,” ungkap Yanson.

Ditempat yang sama, Kepala Kantor Kesbang Pol Pemdes Kabupaten Sekadau, Drs. Dwi Bayu Harsono ME mengatakan, latar belakang kegiatan dalam rangka mewujudkan pemberdayaan masyarakat desa dan kelurahan.

” Perlu dilakukan penguatan kelembagaan,peningkatan motivasi dan swadaya gotong royong masyarakat di desa dan kelurahan,” ungkap Bayu.

Dijelaskan Bayu,  untuk menilai keberhasilan pembangunan desa dan kelurahan,maka perlu dilakukan perlombaan desa dan kelurahan secara terarah,terkoordinasi,terpadu dan berkelanjutan.

Sebagaimana diatur dalam peraturan Menteri Dalam Negeri No 13 Tahun 2007 tentang penyelengaraan perlombaan desa dan kelurahan, bahwa penilaian lomba desa dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari tingkat Kecamatan, tingkat Kabupaten/kota dan tingkat Provinsi sampai pada tingkat Nasional.

Wakil Bupati, Rupinus SH M.Si dalam arahanya  mengatakan, lomba Desa adalah kegiatan rutin yang dimulai dari tingkat Desa sampai pada tingkat pusat secara berjenjang.

” KabupatenSekadau sebanyak 7 Desa.mewakili 7 Kecmatan dan pemenang tingkat Kabupaten akan mewakili Kabupaten Sekadau di tingkat Provinsi Kalbar,” ungkap Kandidat Bupati Sekadau itu.

Secara khusu, Rupinus mengapresiasi kebersamaan warga Desa Rawak Hilir dimana terdapat dua suku besar serta  budaya yang berada  yaitu suku Dayak dan Melayu namun tetap harmonis.

“P rofil Desa sudah disiapkan Pemerintah Desa,mudah-mudahan bisa dimasukan ke berbagai media sehingga potensi desa dapat di kenal warga luar baik Sekadau maupun Kalbar,” ungkapnya.

Dikatakan Wabup, dalam penilaian lomba Desa penilaian dilakukan secara objektif dan subyektif. Adapun indikator dalam lomba Desa di jabarkan Wabup Rupinus, antara lain, Pendidikan, Kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, pemerintahan, lembaha kemasyarakatan dan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

” Lomba desa merupakan program nasional yang bertujuan sebagai wadah untuk mengevaluasi dan penilaian perkembangan pembangunan atas usaha pemerintah dan pemerintah daerah bersama masyarakat desa dan kelurahan,” papar Wabup mengakhiri arahanya./mus

One thought on “Lomba Desa Rawak Hilir Meriah

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *