Lomba Desa Kabupaten Sekadau

Sungai Ringin Lounching Webside Desa

POSTKOTAPONTIANAK.COM — SEKADAU !! Desa sungai ringin merupakan desa yang terletak di kecamatan Sekadau hilir, juga desa yang rentan dengan perputaran ekonomi barang dan jasa di Kota sekadau dan sekitarnya.

Secara sejarah, dahulunya wilayah sungai ringin merupakan pelabuhan belayan di kecamatan Sekadau hilir, desa sungai ringin juga pertama kali diresmikan pada 17 agustus 1955 silam berdasarkan peraturan daerah nomor 123/pem/sekadau/1955.

Pada tahun 1962 hingga 1978 wilayah ini berbentuk kelurahan, lalu berubah menjadi desa, tercatat sudah sembilan orang yang memimpin sungai ringin ini, dua orang lurah dan tujuh orang dengan status kepala desa.

Jumlah masyarakat di desa sungai ringin sebanyak 12.169 jiwa dengan jumlah KK 3.432 terhitung pada tahun 2015. Dengan berbagai Macam populasi suku seperti melayu,dayak, cina, Jawa, batak, sunda, NTB, ntt, dan lainnya membaur dengan kebersama di ditempat dengan luas wilayah mencapai 3.793 hektar dari berbagai Jenis yaitu tanah basah, tanah sawah, kering, perkebunan, fasilitas umum, dan hutan.

Atas dasar itu desa sungai ringin terpilih menjadi pusat kegiatan Lomba desa tingkat kabupaten tahun 2016. Sesuai keputusan camat sekadau hilir nomor 08 tahun 2016 tentang penetapan pemenang Lomba tingkat desa tingkat kecamatan Sekadau hilir 2016 dan surat sekretariat daerah kab sekadau no. 414.4/1415/BPMKBPS-B tentang pelaksanaan Lomba desa tingkat kabupaten sekadau tahun 2016.

Acara tersebut diadakan tepat di halaman Kantor desa sungai ringin jalan Merdeka barat km 2. Dengan kemegahan panggung dan tampilan I tampilan kreatifitas masyarakat sungai ringin seperti kerajinan tangan anyaman ragak, hasil pertanian desa sungai ringin.

Penjabat (PJ) kapala desa sungai ringin Isnaeni menyampaikan dipodium, pihaknya telah berupaya melakukan hal yang terbait untuk masyarakat sungai ringin dari segi pelayanan.
“Desa sungai ringin saat ini telah memiliki sebuah teknologi berbentuk webside, dan sudah terdaftar di kementerian komunikasi dan informasi (kominfo)serta webside ini juga sudah ada di portal kementerian desa. Dan ini pertamakali di kabupaten sekadau desa yang menggunakan dan memanfaatkan teknologi, silahkan cek saja Alamat kita www.sungairingin.desa.id, “ujarnya.

Ia sampaikan, sesuai dengan Tema yaitu kebersamaan dan gotong royong kita jadikan desa sungai ringin yang Maju, Mandiri, dan berdaya saing.
“Ini juga menyelaraskan sesuai dengan visi misi kabupaten, hingga menjadi kabupaten yang bersaing dengan daerah lain,”ucapnya.

Sambutan camat sekadau hilir Hermanto, ia mengatakan, mewakili pemerintah kecamatan tentu pihaknya akan selalu membina dan mengawasi setiap desa yang berada di wilayahnya.

“Sehingga desa kita terus berkembang, dan semua dapat menawarkan program-program yang baik kepada kabupaten,”katanya.

Sesuai data di Badan Pemberdayaan Masyarakat, kesatuan bangsa,dan pemerintahan desa (BPMKBPM) mencatat ada 87 desa yang ada di kabupaten sekadau, tetapi ada 7 desa saja yang akan berlomba di kabupaten sekadau yang mewakili setiap kecamatan. Seperti desa Nanga koman di kecamatan nanga taman, desa sungai tapah di kecamatan belitang hulu, desa belitang dua di kecamatan belitang, desa Tamang kecamatan nanga mahap, desa sungai ringin kecamatan Sekadau hilir, desa sungai ayak dua kecamatan belitang Hilir.
Dan kegiatan akan berakhir pada tanggal 12 April 2016 di desa rawak hulu di kecamatan Sekadau hulu.

Asiten 1 pemkab sekadau Adrianto mengatakan, sesuai dengan permendagri nomor 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembngan desa dan kelurahan.
“Bahwa peserta Lomba desa tingkat kabupaten adalah desa yang cepat berkembang diwilayah kabupaten atau Kota, yang dilihat dari evaluasi perkembngan didasari atas data
menggunakan sistem pemantauan serta instrumen pengungkap data dan nilai perkembngan desa,”ujar Mantan kadis pertanian itu.

Ia menjelaskan, penilaian Lomba desa tingkat kabupaten sekadau ini menggunakan instrumen pemantau terdiri dari.
“Dasar data, pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatanm maka dari itu kami berharap desa yang mewakili setiap kecamatan segera meraih pretasi dalam perlombaan ini, dan semoga dengan adanya kegiatan ini bisa memberikan manfaat kepada masyarakat,”tukasnya. /Mus

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *