Lima Desa di Sekadau Terendam Air

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! SEKADAU.  Lima desa di Kecamatan Nanga Mahap, Sabtu (14/5) terendam banjir. Ketinggian air di Jalan Provinsi setinggi setengah meter. Sedangkan di kawasan Pasar, ketinggian air mencapai dua meter.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sekadau, Akhmad Suryadi mengatakan, lima desa yang terendam itu yakni Desa Nanga Mahap, Nanga Suri, Lembah Beringin, Batu Pahat dan Tembesuk.

Menurut Akhmad,  banjir tersebut akibat terjadinya hujan di daerah perhuluan. Terlebih, daerah Nanga Mahap merupakan daerah yang berada tak jauh dari pertemuan sungai. “Saat ini tim sudah kami turunkan ke lokasi, kemungkinan malam ini air akan berangsur surut,” ujarnya.

Dia mengatakan, alat-alat sudah disiapkan. Hingga saat ini, kata dia, pihaknya belum menerima ada warga yang mengungsi. Balum ada laporan warga yang mengungsi,” tuturnya.

Akhmad mengatakan, banjir yang terjadi di Nanga Mahap bisa terjadi di Nanga Taman hingga Rawak.

“Kemungkinan banjir kiriman pasti ada. Apalagi setelah Mahap bisa nanti ke Nanga Taman hingga Rawak,” timpalnya.

Untuk itu, pihanya mengimbau kepada masyarakat terutama yang berada di pesisir sungai agar selalu waspada terhadap banjir kiriman. “Masyarakat terutama yang berada di pesisir sungai, agar selalu waspada dan mengantisipasi kemungkinan adanya banjir kiriman,” katanya.

Sementara kondisi masyarakat saat terjadi banjir tidak terlalu panik, karena air mulai meninggi pada pagi hari. “Kalau terjadi pada malam hari seperti sebelumnya pasti panik,” pungkasnya. /Mus/PKP

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *