Lengkeng Kristal Dari Balai Benih Anjungan

POSTKOTAPONTIANAK.COM – Siapa tidak kenal Lengkeng atau longan? Buah berbentuk bulat agak lonjong ini terasa manis dan nikmat. Lengkeng yang termasuk tumbuhan basah ini bisa hidup subur didataran 200-600 DPL dengan curah hujan 1.500-3.000mm pertahun.

( Foto : Ilustrasi/ist )
( Foto : Ilustrasi/ist )

Menurut Kepala Dinas Pertanian Kalbar, Ir H Hazairin MS, Lengkeng salah satu komuditas yang sangat potensial untuk dikembangkan karena mempunyai nilai jual yang cukup tinggi.

Selama ini orang tahu nya bahwa lengkeng hanya bisa hidup didataran tinggi, padahal lengkeng juga bisa hidup didataran rendah. Usia panen tanaman ini pun terbilang cepat. Rata rata 3 tahun sudah berbuah. Untuk buah pertama yang sempurna satu pohon bisaenghasilkan sekitar 50 kg buah.

Panen pun akan semakin meningkat dengan perkembangan cabang pohon yang semakin banyak dan besar. “Perawatannya relatif mudah, dengan sering memangkas cabangnya dan pemupukan yang tepat,” kata Hazairin.

Seperti lengkeng yang ditanam dibalai benih Anjungan, tumbuh subur dan berbuah lebat. Kebun percontohan itu pun menghasilkan Lengkeng Kristal dengan kualitas Super.

Dengan jarak tanam 7 meter dalam satu hektar bisa ditanam 100 an pohon lengkeng. Balai benih Anjungan dengan 2 hektar kebun lengkeng percontohan nya pun menjual bibit lengkeng kristal tersebut.

Sudah banyak masyarakat yang menanam lengkeng kristal. Seperti di Singkawang, Sambas dan daerah lainnya. Itu bisa meningkatkan taraf ekonomi keluarga dan kebutuhan buah keluarga.

Setidaknya kebutuhan buah keluarga bisa dipenuhi dengan menanam lengkeng dan buah lainnya sendiri.” Tanamlah Lengkeng dipekarangan rumah, 3-4 pohon pun sudah bagus hasilnya buat keluarga,” pungkas kadis pertanian provinsi Kalbar ini.(Tr)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *