Launching Buku Perjalanan Pelaksanaan Tugas Bupati Sintang Tahun 2015

Friday, 19 June 2015 09:03

POSTKOTAPONTIANAK.COM-BUMI SENENTANG-

Sambutan

Yth.      Forum Komunikasi Pimpinan Daerah  Kabupaten Sintang

Yth.      Prof. Dr Chairil effendy, Guru Besar Universitas Tanjungpura Pontianak

Yth.  Sekretaris Daerah Dan Pimpinan SKPD Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang

Yth.      Pimpinan Perguruan Tinggi Se Kabupaten Sintang

Yth.      Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, tokoh Agama Se-Kabupaten Sintang.

Yth.      Para Pimpinan Ormas dan LSM Se-Kabupaten Sintang.

Yth.      Para Mahsiswa dan Pelajar Se Kabupaten Sintang.

Yth.      Hadirin dan Undangan yang berbahagia.

Selamat Pagi Dan Salam Sejahtera,

Mengawali sambutan ini, Saya mengajak kita semua untuk selalu menghaturkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena limpahan kasih-Nya, kita dapat hadir bersama, pada acara Launcing Buku ini dalam keadaan sehat wal afiatDalam kesempatan yang berbahagia ini, saya secara pribadi mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setulus-tulusnya kepada para undangan yang telah berkenan hadir memenuhi undangan kami dalam acara launcing buku saya, terkait dengan perjalanan pengabdian saya selaku Bupati Sintang selama 2005-2015.

Hadirin yang saya hormati,

Ada beberapa buku yang sudah berhasil disusun baik oleh staf maupun yang saya tulis sendiri, yang memberikan gambaran dinamika pelaksanaan tugas saya sebagai Bupati Sintang selama 10 tahun mengemban amanah di Kabupaten Sintang. Beberapa buku ini tentunya saja memiliki perspektifnya masing-maisng, karena hendak melihat sisi-sisi tertentu bagaimana saya menjalankan tugas dan amanah sebagai Bupati Sintang. Namun demikian, keberadaan buku-buku ini saya anggap perlu dan penting  karena beberapa alasan.

            Pertama;melalui buku ini, saya ingin membagi pemikiran dan pengalaman kepada banyak orang terutama para generasi muda selaku pemegang estafet kepemimpinan di masa depan. Ada petuah orang bijak, untuk menjadi orang yang sukses, setiap orang harus memberi lebih banyak baik waktu, tenaga, uang, pemikiran atau ilmu kepada orang lain tanpa berharap mendapatkan imbalan. Saya pegang petuah itu karena pada dasarnya generasi muda kita sangat butuh beragam “vitamin” agar vitalitas, semangat dan daya juang mereka selalu hidup dan terus berkobar apalagi menghadapi era globalisasi yang semakin membawa dampak sangat kompleks. Sebab merekalah pemilik masa depan yang harus dibekali pengalaman masa lalu dan masa sekarang sehingga mereka punya kekuatan dalam menatap masa depan.

            Kedua; dengan buku ini, saya hendak menggugah motivasi dan sekaligus memberi inspirasi tentang dahsyatnya sikap positif dalam menjalani kehidupan baik bermimpi, membuat visi, merancang aksi,  tetap fokus, belajar dari kesalahan, tidak mau menyerah dan sebagainya. Apa yang termuat dalam beberapa buku tentang saya ini, memuat sikap positif yang saya pegang, saya laksanakan dan terbukti sangat membantu saya  disaat apapun terutama saat-saat sedang terpuruk. Sikap positif itu memang menjadi suatu kekuatan tersembunyi yang sangat dibutuhkan  kita dalam mengapai kesuksesan. Saya merasa perlu “menularkan” sikap-sikap postif itu kepada banyak orang dan bahkan meyakinkan kepada mereka untuk memilikinya sehingga dalam menjalani hidup ini kita dapat berbuat kebaikan bagi banyak orang.

            Ketiga; adanya buku ini, saya berupaya memberikan warisan kepemimpinan yaitu sesuatu yang saya lakukan secara sadar dan dianggap memiliki nilai dalam menjalankan fungsi seorang pemimpin. Warisan kepemimpinan ini berisi pola pikir, sikap, tindakan, keputusan dan bahkan hasil-hasil nyata yang saat ini dan ke depan membawa manfaat bagi kemajuan masyarakat dan daerah. Apabila warisan itu membawa efek positif maka dapat dijadikan contoh atau dimodifikasi. Tetapi jika warisan itu kemudian melahirkan efek  negatif, maka bisa dijadikan pelajaran untuk dihindari dan diantisipasi untuk tidak diulangi lagi. Tetapi yang pasti, setiap pemimpin dituntut mampu mendorong sebuah perubahan yang konstruktif sehingga memberikan sesuatu yang berarti bagi masyarakat yang dipimpinya. Buku ini adalah bagian dari sesuatu yang berarti tersebut. 

            Rentang waktu 10 tahun saya memimpin Kabupaten Sintang menjadi anugerah yang sangat besar Tuhan berikan kepada saya. Sejak awal saya memang punya obsesi membawa perubahan besar bagi daerah dan masyarakat. Perubahan besar itu saya bingkai dalam proses yang panjang dan berliku. Ada  keringat, kerja keras, air mata, kesedihan, tawa gembira, kelucuan, ketegangan, dan sebagainya sebagai warna dari proses panjang itu. Saya juga menyadari hasil yang ada belumlah seperti yang diharapkan. Memang manusia tidak mungkin mendapatkan semua yang dia inginkan.  Kita hanya punya hak untuk bercita-cita dan bekerja dengan  tekun, keras, tiada henti.Saya berhutang budi kepada banyak orang ketika menjadi Bupati Sintang selama 10 tahun ini. Mereka telah membentuk kepribadian, cara pandang, memberi penyadaran dan membimbing dalam berpikir, bertindak dan mengambil keputusan.

Yang pertama adalah Para Guru-Guru saya di SD, di SMP dan SMA serta para dosen di APDN, IIP maupun UGM yang telah mengasah daya intelektual sehingga saya bisa membaca segala hal dalam hidup ini, hanya persembahan rasa hormat dan peluk sayang serta ribuan kata terima kasih yang mampu saya persembahkan. Semoga Tuhan yang Maha Kasih akan menempatkan mereka semua dalam kedamaian. 

            Kepada Wakil Bupati yang mendamping saya, baik saudara Jarot Winarno selaku Wakil Bupati Sintang periode 2005-2010 dan saudara Ignatius Juan sebagai Wakil Bupati Sintang periode 2011-2015 yang telah menjadi teman dalam suka dan duka dalam menjalankan kepemimpinan daerah, saya mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan bantuannya serta mohon maaf apabila ada khilaf dalam kebersamaan menjalankan tugas.

            Kepada seluruh Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang baik periode 2005-2010 dan periode 2011-2015 selaku mitra Pemerintah Daerah  yang telah banyak memberi warna dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, saya juga mengucapkan penghormatan yang tinggi dan terima kasih telah menjadi mitra yang baik sehingga dapat mendorong kemajuan Kabupaten Sintang yang telah dicapai sampai saat ini.

            Kepada para Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat yang selama ini memberikan masukan dan memberikan motivasi kepada saya, tak lupa pada kesempatan ini saya ucapkan terima kasih yang tulus.

            Kepada seluruh Pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang baik Sekretaris Daerah, Para Staf Ahli, Kepala SKPD, Para Camat, Para Kepala Bagain, Kepala Bidang, Kepala Sub Bagian dan Kepala Seksi, Kepala Desa maupun para staf yang sudah membantu saya,  juga saya ucapkan terima kasih. Apa yang sudah kalian kerjakan atas dasar loyalitas, dedikasi dan niat baik selaku abdi Pemerintahan membuat saya tidak sendiri dalam mengemban tugas yang ada. Semoga segala perbuatan dan pengorban kalian mendapat balasan dari Tuhan Yang maha Kuasa. 

          Kepada aktivis masyarakat sipil baik Ormas, LSM maupun Organisasi Nirlaba lainnya di Kabupaten Sintang yang telah memberikan kritik konstruktif, membangun second opinion, atau membuka ruang diskusi publik yang kritis sehingga saya selalu waspada, berhati-hati dan mawas diri  dalam bertindak atau mengambil keputusan, dengan kerendahan hati saya juga  haturkan terima kasih.

            Khusus kepada awak media baik media cetak, media elektronik maupun media lainnya yang sudah mempublikasikan seluruh aktivitas saya selama menjadi Bupati Sintang, maupun memberikan input kebijakan melalui pemberitaan yang tajam dan kritis, tak lupa saya ucapkan terima kasih. Saya merasa bersyukur dapat menjalin komunikasi yang penuh kehangatan dengan semua awak media yang ada di Kabupaten Sintang.   

            Secara spesial saya mengucapkan terima kasih kepada Prof. Dr. Chairil Effendy, sahabat saya, yang memiliki banyak status, baik seorang ilmuan, pendidik, tokoh Kalbar dan juga pengiat pelestari budaya lokal Kalbar yang sudah berkenan menjadi nara sumber dalam acara launcing buku hari ini. Semoga beliau selalu diberikan kesehatan dan kekuatan dalam menjalankan tugas dan fungsinya di tengah kehidupan masyarakat.

            Secara khusus saya meminta maaf dan terima kasih kepada istriku Kati Evelina  dan anak-anakku Mika Pratama S.IP, Cynthia Apriani dan Mikael Bernard yang telah memberikan dukungan moril sehingga  keletihan-keletihan yang hinggap dari perjalanan hidup ini terasa indah karena pengertian dan dorongan kalian, dan kalian semua adalah air di tengah kehausan menjalani hidup. Kalian adalah api yang memberikan kehangatan disaat rasa dingin menghampiri. Kalian adalah sinar terang ketika kegelapan menyelimuti. Kalian adalah alasan mengapa saya ada dan tetap hidup hingga saat ini.  Buku ini sejatinya dipersembahkan untuk kalian semua yang selalu ada di dalam hati saya.

 Hadirin yang saya hormati,

Demikianlah hal-hal yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Saya berharap buku-buku yang dilauncing yang mengambil waktu kelahiran saya, yaitu tanggal 18 juni dapat membawa manfaat bagi banyak orang. Sekali lagi, saya ucapkan terima kasih atas dukungan dan kerjasama yang sudah terjalin selama ini. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan dan petunjuk kepada kita semua. Amien.

Terima kasih atas perhatian dan mohon maaf ada hal-hal yang kurang berkenan.Selamat pagi dan salam sejahtera.

 

Bupati Sintang

MILTON CROSBY

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *